PENGARUH METODE PART AND WHOLE TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN PADA SISWA KELAS X SMK SULTAN AGUNG 1 TEBUIRENG TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018

Muhamad Dedi Safa'at

Abstract


Dalam pembelajaran senam lantai guling depan siswa dituntut untuk menguasai keterampilan rangkaian guling depan dengan baik.  Penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran part and whole mampu memberi pengaruh positif terhadap pembelajaran. Maka dari itu peneliti menggunakan metode pembelajaran part and whole terhadap pembelajaran  senam lantai guling depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode part and whole terhadap hasil belajar senam lantai guling depan pada siswa kelas X SMK Sultan Agung 1 Tebuireng Jombang tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen yang bertujuan untuk mengungkapkan hubungan sebab – akibat. Terdapat populasi yang berjumlah 390 dan menggunakan cluster random sampling maka diperoleh kelas X TAV 1 yang berjumlah 33 siswa. Instrument pengumpulan data menggunakan tes keterampilan senam lantai guling depan. Subjek penelitian diberikan dua kali tes yaitu pre-test dan post-test serta empat kali treatment, kemudian diambil data nilainya. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan didapatkan  nilai rata-rata pre-test 66,94 dan nilai rata-rata post-test 76,33. Dan diperoleh hasil akhir dari nilai uji thitung 6,871 > ttabel1,691. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran part and whole terhadap hasil belajar senam lantai guling depan pada siswa kelas X TAV 1 SMK Sultan Agung 1 Tebuireng.

Kata kunci : metode part and whole, hasil belajar, senam lantai guling depan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka cipta.

Fikri, M. Haikal. 2015. Efektivitas Metode Part-Whole Terhadap Penguasaan Pembelajaran Senam Irama Pada Siswa Kelas V MI Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang Tahun Pelajaran 2014-2015. Jombang: STKIP PGRI JOMBANG. (skripsi).

Firdaus, Hidir Dan Taufiq Hidayat. 2014. Perbandingan Metode Pembelajaran Bagian (Part-Method) Dan Metode Pembelajaran Keseluruhan (Whole-Method) Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Smash Bolavoli (Studi Pada Kegiatan Ekstrakulikuler Di SMA Negeri 1 Kamal). UNESA: Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 02 Nomor 02 Tahun 2014, 363 – 369. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive.pdf diakses pada hari Kamis tanggal 02 Maret 2017 pukul 16:03 WIB.

Maksum, Ali. 2012. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Margono, Agus. 2009. Senam. Surakarta: UNS Press.

Muhajir, dan Budi Sutrisno. 2014. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Kemendikbud.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA/ MA. Jakarta: Litera.

Subarjah, Herman. 2007. Permainan Kecil di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v7i3.1333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats