PENGARUH PERMAINAN KECIL TERHADAP KETERAMPILAN SEPAKBOLA PADA PESERTA DIDIK KELAS IX A SMP NEGERI 1 JOMBANG
Abstract
Permainan kecil adalah suatu bentuk permainan yang tidak mempunyai peraturan baku, baik mengenai peraturan permainannya, alat-alat yang digunakannya, ukuran lapangan, maupun lama permainannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan kecil terhadap keterampilan sepakbola pada peserta didik kelas IX A SMP Negeri 1 Jombang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design, dalam desain ini tidak ada kelompok kontrol, dan subjek tidak ditempatkan secara acak. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX A SMP Negeri 1 Jombang. Tehnik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mean, mean deviasi, uji t sampel sejenis, rumus peningkatan. Berdasarkan perhitungan analisis statistik melalui program SPSS, didapatkan hasil pretest dengan nilai tertinggi adalah 64 dan nilai terandah adalah 46. Sedangkan pada posttest dengan nilai tertinggi adalah 66 dan nilai terendah adalah 47. Besarnya pengaruh permainan kecil terhadap pembelajaran keterampilan sepakbola. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada permainan kecil (permainan umpan terobosan, permainan mengumpan lewat nomor, permainan slalom menggiring bola, permainan menembak ikan didalam tong) di SMP Negeri 1 Jombang.
Kata Kunci: Keterampilan Sepakbola dan Permainan Kecil.Full Text:
PDFReferences
Arcon Artono. (2013). Pengaruh metode bermain terhadap kemampuan shooting bola diam ke gawang permainan sepakbola. Skripsi FKIP Universitas Tanjung Pura Pontianak
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djumidar. (2006). Dasar-dasar Atletik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartati, Dkk. (2012). Permainan Kecil. Malang: Wineka Media.
Hidayat Nur Wibawa. (2016). Pengaruh permainan target terhadap kemampuan shooting dalam permainan sepakbola. Skripsi FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
Kunandar. (2013). Penilaian Authentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.
Luxbocher, J.A. (2004). Sepakbola. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Mielke. (2003). Dasar-dasar Sepakbola. Bandung: Pakaraya Pustaka.
Muchamad Ishak. (2015). Pengaruh metode pembelajaran berbasis permainan terhadap hasil belajar shooting ke gawang dalam permainan sepakbola Skripsi FKIP Universitas Tanjung Pura Pontianak
Paturusi, A. (2012). Managemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: PT Asri Mahasatya.
Rosdiani, D .(2013). Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Sucipto, Dkk.(2000). Sepakbola. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan.
Winarno. (2006). Tes Ketrampilan Olahraga. Malang: Laboratorium JurusaN Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v7i3.1363
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Indexing:
Office:
Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: [email protected]
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index