MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR RITMIK DENGAN COOPERATIVE LEARNING METODE JIGSAW PADA KELAS V SD NEGERI MAGERSARI 2 KOTA MOJOKERTO TAHUN 2018

Samiarti Samiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan  hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Magersari 2 Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto pada materi gerak dasar ritmik dengan menggunakan model cooperative learning metode jigsaw. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Class room Action Research yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdapat 4 tahapan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Magersari 2  , Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto dengan jumlah 43 siswa. Dalam setiap siklusnya peneliti memberikan materi senam ritmik dengan metode pembelajaran cooperative metode jigsaw. Instrumen yang digunakan untuk menilai siswa adalah lembar tes pengetahuan, unjuk kerja dan sikap siswa yang diisi oleh guru. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk menilai guru adalah lembar observasi kemampuan guru dan sikap siswa yang diisi oleh kolaborator dan angket tanggapan siswa yang diisi oleh siswa setelah pembelajaran selesai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada meningkatkan hasil belajar siswa yang akhirnya memenuhi KKM yang ditetapkan yaitu 75 sebanyak 90,9% dengan jumlah 39 orang dan belum yang belum dapat memenuhi KKM 75 sebanyak 9.1% dengan jumlah siswa 4 orang.

Kata Kunci : Pembelajaran ritmik, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw


Full Text:

PDF

References


Agus, Mahendra. (1999). Senam. Depdikbud

Daryanto & Muljo Raharjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta:Gava Media

Farida Mulyaningsih, dkk. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas V SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional.

Ginanjar Atmasubrata. (2012). Seribu Tahu Dunia Olahraga. Surabaya: Dafa Publishing

H.E. Mulyasa. (2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Melvin, L. Silberman. (2013). Active Learning. 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa Cendekia

Mikanda Rahmani. (2014). Buku Super Lengkap Olahraga. Jakarta: Dunia Cerdas

Muhajir. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Yudistira

Siti Rahayu Haditono. (2006). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Masa University Press

Suharsimi Arikunto, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika Offset

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta:Kencana Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v8i1.1474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats