SURVEI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA SELAMA PANDEMI COVID-19

Wahyu Indra Bayu, Waluyo Waluyo, Ahmad Richard Victorian

Abstract


Covid-19 membuat perubahan dalam dunia pendidikan yang sangat signifikan, salah satunya adalah proses pebelajaran yang dilakukan secara online atau dalam jaringan (daring). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara guru pendidikan jasmani dalam melakukan proses pebelajaran selama pandemi Covid-19. subjek penelitian ini berjumlah 20 guru pendidikan jasmani di Kecamatan Prajuritkulon Kota Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% guru menggunakan aplikasi WhatApps untuk melakukan proses pebelajaran pendidikan jasmani, selebihnya menggunakan media google classrom (10%) dan Zoom Cloud Meeting (10%) sebagai sarana pebelajaran mata pelajaran pendidikan jasmani. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak guru yang belum dapat mengoperasikan beberapa aplikasi belajar secara online untuk menunjang proses pebelajaran pendidikan jasmani selama masa pandemi Covid-19.


Full Text:

PDF

References


Barteit, S., Guzek, D., Jahn, A., Bärnighausen, T., Jorge, M.M., Neuhann, F., (2020). Evaluation of e-learning for medical education in low- and middle-income countries: A systematic review. Computers & Education. 145, 103726. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103726

Bayu, W.I. (2020). Self-Testing Sebagai Strategi Guru Untuk Memonitor Kebugaran Jasmani Peserta Didik Selama Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Dalam Hartoto, dkk. (Editor). Bunga Rampai Strategi, Proses, Evaluasi, dan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) pada Era Pandemi Covid-19. 2019-214. Surabaya: Unesa University Press.

Dewi, W.A.F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi pebelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1): 54–61. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Gleddie, D.L., & Morgan, A. (2020). Physical literacy praxis: A theoretical framework for transformative physical education. Prospects, 1–23. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09481-2

Gurusmatika, S. (2020). Gaya Hidup Sehat saat Pandemi (Vol 2). Lampung Selatan.

Kemendikbud, D.G. (2016). Buku Pengangan Pelatihan Instruktur Nasional/Mentor Guru pebelajar. Kemendikbud: Jakarta.

Mourtzis, D., Vlachou, E., Dimitrakopoulos, G., & Zogopoulos, V. (2018). Cyber-Physical Systems and Education 4.0–The Teaching Factory 4.0 Concept. Procedia Manufacturing, 23, 129–134. https://doi.org/10.1016/J.PROMFG.2018.04.005

Nuryana, A. N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Kabar Pariangan, 1.

Poon, J. (2013). Blended Learning: An Institutional Approach for Enhancing Students' Learning Experiences. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 9 (2). (Online), (http://jolt.merlot.org/vol9no2/poon_0613.pdf)

Triaca, L.M., Frio, G.S., & Aniceto França, M.T. (2019). A gender analysis of the impact of physical education on the mental health of brazilian schoolchildren. SSM-Population Health, 8, 100419. https://doi.org/10.1016/j.ssmph.2019.100419

Van Lankveld, W., Maas, M., Van Wijchen, J., Visser, V., & Staal, J.B. (2019). Self-regulated learning in physical therapy education: A non-randomized experimental study comparing self-directed and instruction-based learning. BMC Medical Education, 19(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12909-019-1484-3




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v8i4.1748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats