PENGARUH PERMAINAN TAPLAK TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS VII SMP TERPADU TARBIYATUNNASI’IN PACOLGOWANG DIWEK JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Fauzi Joko Santoso

Abstract


ABSTRAK

 

Santoso, Fauzi Joko. 2015. Pengaruh Permainan Tradisional Taplak Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas VII SMP Terpadu Tarbiyatunnasi`In Pacol Gowang Diwek Jombang Tahun Ajaran 2015/2016. Dosen Pembimbing :  Rahayu Prasetyo, M.Pd.

 

Kata Kunci: permainan tradisional taplak, hasil belajar lompat jauh gaya jongkok

 

Pendidikan adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan darinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Untuk mengembangkan hasil belajar dan minat peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani diperlukan suatu metode, strategi pembelajaran maupun permainan tradisional. Khususnya pada permainan tradisional terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VII SMP Terpadu Tarbiyatunnasi’in Pacol Gowang Diwek Jombang yang masih mengalami hambatan dalam melakukannya. Untuk itu diperlukan penggunaan permainan tradisional taplak untuk mengembangkan kemampuan tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Permainan Taplak terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VII B SMP Terpadu Tarbiyatunnasi’in Diwek Jombang. Peneliti menggunakan rancangan penelitian eksperimen, desain penelitian Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Analisis data yang diperoleh yaitu dengan nilai thitung= 6,523 lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel= 1,6883 dengan taraf signifikansi 0,05.

Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan permainan taplak terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII B SMP Terpadu Tarbiyatunnasi’in Diwek Jombang.

 

ABSTRACT

 

Santoso, Fauzi Joko. 2015. Effect of Traditional Games Tablecloth Against Learning Results Long Jump Squat Style Grade VII SMP Integrated Tarbiyatunnasi`In PACOL Gowang Diwek Jombang Academic Year 2015/2016. Supervisor: Rahayu Prasetyo, M.Pd.

 

Keywords: traditional games tablecloth, learning outcomes long jump squat style

 

Education is a conscious and deliberate effort to create an atmosphere of learning and the learning process so that learners are actively developing the potential for him to have the spiritual power of religion, self-control, personality, intelligence, noble character, and skills required of them, community, nation, and state , To develop learning outcomes and interest of learners in learning physical education need a method, learning strategies as well as traditional games. Especially in the traditional games on learning outcomes long jump squat style class VII SMP Integrated Tarbiyatunnasi'in PACOL Gowang Diwek Jombang still experience barriers to doing so. It required the use of traditional game cloths to develop such capabilities.

The purpose of this study was to determine the effect of linens Games in the long jump squat style. Researchers used experimental study design, study design randomized control group pretest-posttest design. Analysis of data obtained with a value t = 6.523 greater than the value of table = 1.6883 with a significance level of 0.05.

It can be concluded that there is an influence on the results of the application of cloths game long jump squat style in class VII B SMP Integrated Tarbiyatunnasi'in Diwek Jombang.

Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v1i1.181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Jasmani & Kesehatan



Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats