stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
EVALUASI SISTEM PENILAIAN PERFORMA RENANG MAHASISWA PROGRAM PEMBELAJARAN AKUATIK | Nugraha | Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

EVALUASI SISTEM PENILAIAN PERFORMA RENANG MAHASISWA PROGRAM PEMBELAJARAN AKUATIK

Testa Adi Nugraha, Setiyo Hartoto, Bernard Djawa, Fifukha Dwi Khory, Bayu Budi Prakoso

Abstract


Penilaian hasil belajar menjadi salah satu bagian penting dalam sistem pembelajaran. Hasil penilaian selanjutnya dimanfaatkan sebagai bahan evaluasi untuk digunakan bahan tindaklanjut pembelajaran guna memperbaiki hasil belajar mahasiswa selanjutnya. Penggunaan penilaian process oriented dan product oriented dalam pembelajaran masih menjadi perdebatan. Untuk itu, artikel ini bertujuan untuk menganalisis sistem evaluasi pada proses perkuliahan pembelajaran akuatik yang menggunakan kedua model penilaian tersebut. Artikel ini disusun berdasarkan hasil penelitian model deskriptif dengan sumber data dari mahasiswa program matakuliah pembelajaran akuatik. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling, didapatkan sebanyak 136 mahasiswa (p= 55 dan L= 81). Data hasil penilaian performa renang dianalisis menggunakan teknik statistik, korelasi, dan Anova. Hasil menunjukkan bahwa terdapat korelasi negatif antara penilaian berbasis product dan process (r= -0.283, p= 0.000). Terdapat perbedaan signifikan nilai performa mahasiswa secara progresif mulai awal tes sampai pada tes akhir (F= 158.77, p= 0.000). Artinya, hasil belajar mahasiswa berdasarkan penilaian process oriented dan product oriented layak digunakan. Selain itu, penilaian process oriented yang dilakukan secara progresif mendukung tercapainya hasil belajar mahasiswa.

Keywords


Evaluasi, hasil belajar, product oriented, process oriented, pembelajaran akuatik

Full Text:

PDF

References


Cattuzzo, M. T., dos Santos Henrique, R., Ré, A. H. N., de Oliveira, I. S., Melo, B. M., de Sousa Moura, M., de Araújo, R. C., & Stodden, D. (2016). Motor competence and health related physical fitness in youth: A systematic review. Journal of Science and Medicine in Sport, 19(2), 123–129. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2014.12.004

Chng, L. S., & Lund, J. (2018). Assessment for Learning in Physical Education: The What, Why and How. Journal of Physical Education, Recreation and Dance, 89(8), 29–34. https://doi.org/10.1080/07303084.2018.1503119

Chróinín, D. N., & O’Sullivan, M. (2016). Elementary classroom teachers’ beliefs across time: Learning to teach physical education. Journal of Teaching in Physical Education, 35(2), 97–106. https://doi.org/10.1123/jtpe.2015-0030

Gallahue, D. L., Ozmun, J. C., & Goodway, J. D. (2012). Understanding Motor Development: Infants, Children, Adolescents, Adults. In Journal of Materials Processing Technology (7th ed., Vol. 1, Issue 1). McGraw-Hill Companies, Inc.

Hartoto, S., Dwi Khory, F., & Prakoso, B. B. (2017). Validation of self-confidence questionnaire in swimming course learning. Educational Research International, 6(4). www.erint.savap.org.pk

Kamper, S. J. (2020). Types of research questions: Descriptive, predictive, or causal. Journal of Orthopaedic and Sports Physical Therapy, 50(8), 468–469. https://doi.org/10.2519/jospt.2020.0703

Khory, F. D., Hartoto, S., Sudarso, & Prakoso, B. B. (2018). Persepsi Guru Pamong Terhadap Kualitas Mahasiswa Calon Guru PJOK Saat Melaksanakan Program Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Mitra. SPORTIF, 4(1), 38–53. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v4i1.12092

Kohn, A. (2015). Progressive Education: Why it’s Hard to Beat, But Also Hard to Find. https://educate.bankstreet.edu/progressive/2

Krause, J. M., O’Neil, K., & Dauenhauer, B. (2017). Plickers: A Formative Assessment Tool for K–12 and PETE Professionals. Strategies, 30(3), 30–36. https://doi.org/10.1080/08924562.2017.1297751

Logan, S. W., Barnett, L. M., Goodway, J. D., & Stodden, D. F. (2017). Comparison of performance on process- and product-oriented assessments of fundamental motor skills across childhood. Journal of Sports Sciences, 35(7), 634–641. https://doi.org/10.1080/02640414.2016.1183803

Meyers, L. S., Gamst, G. C., & Guarino, A. J. (2013). Performing Data Analysis Using IBM SPSS. John Wiley & Sons, Inc.

Ministry of National Education of Republic of Indonesia. (2016). Panduan Pembelajaran untuk Sekolah Menengah Pertama (1st ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. http://ditpsmp.kemdikbud.go.id

Nuriawati, I., Suroto, S., Tuasikal, A. R. S., & Setyorini, S. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PERMAINAN TARGET BERBASIS GOAL ORIENTATION PADA PENDIDIKAN JASMANI. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1), 13–22. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.8313

Palmer, K. K., Stodden, D. F., Ulrich, D. A., & Robinson, L. E. (2021). Using Process- and Product-oriented Measures to Evaluate Changes in Motor Skills across an Intervention. Measurement in Physical Education and Exercise Science. https://doi.org/10.1080/1091367X.2021.1876069

Penilaian, M., Kinerja, B., Pembelajaran, D., Jasmani, P., & Kesehatan, O. (2011). Mengembangkan penilaian berbasis kinerja dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan. In 159 JPJI (Vol. 8, Issue 2). https://doi.org/10.21831/JPJI.V8I2.3496

Setya Mustafa, P., & Winarno, M. E. (2019). Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Malang. In Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Vol. 4, Issue 10). https://doi.org/10.17977/JPTPP.V4I10.12845

Setyorini. (2016). Reliabilitas Dan Indek Kesepakatan Kelompok Rater Pada Penilaian Keterampilan Gerak Dasar Menggunakan Sistem Process-Oriented. In W. I. Bayu, R. Setyawan, Basuki, & R. W. Pradana (Eds.), Seminar Nasional Pendidikan Jasmani dan Olahraga (pp. 276–285). STKIP PGRI Jombang, Jawa Timur, Indonesia.

Sgro’, F., Quinto, A., Pignato, S., & Lipoma, M. (2016). Comparison of product and process oriented model accuracy for assessing countermovement vertical jump motor proficiency in pre-adolescents. Journal of Physical Education and Sport ® (JPES), 16(3), 921–926. https://doi.org/10.7752/jpes.2016.03145

Tolgfors, B. (2018). Different versions of assessment for learning in the subject of physical education. Physical Education and Sport Pedagogy, 23(3), 311–327. https://doi.org/10.1080/17408989.2018.1429589

Wilson, M. (2018). Making Measurement Important for Education: The Crucial Role of Classroom Assessment. Educational Measurement: Issues and Practice, 37(1), 5–20. https://doi.org/10.1111/emip.12188




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v9i1.1834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol