KESIAPAN KONDISI FISIK ATLET KOTA KEDIRI CABANG OLAHRAGA TERUKUR MENUJU PORPROV JATIM 2022

Muhammad Yanuar Rizky

Abstract


Olahraga membutuhkan kesiapan fisik, penguasaan teknik, dan status gizi  yang baik di samping faktor mental dan emosional sebagai bagian dari faktor penentu keberhasilan pencapaian prestasi tinggi. Perkembangan kondisi fisik yang menyeluruh amat penting oleh karena tanpa kondisi fisik yang baik atlet tidak dapat mengikuti langkah-langkah latihan berikutnya. Bank data tentang kondisi fisik menjadi masalah krusial untuk melaksanakan program latihan yang sistematis. Maka dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tentang keadaan kondisi fisik atlet yang dijadikan dasar untuk evaluasi pelatih dan atlet dalam menentukan program latihan. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yang mengunakan survey sebagai pendekatan penelitian. Instrumen yang digunaan adalah instrumen tes kondisi fisik yang disusun oleh Tim dari UN PGRI Kediri dengan sampel penelitian sebanyak 50 atlet dengan teknik random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan bahwa kesiapan kondisi fisik atlet puslatkot cabanng olahraga terukur tahun 2021 masuk dalam kategori kurang sekali dengan persentase sebesar 70% terbesar dari kategori yang lain. Maka dalam pengkajian kondisi fisik atlet Puslatkot Kota Kediri cabang olahraga terukur tahun 2021 memberikan sumbangan atau data awal sebagai landasan para pelatih untuk merancang program latihan dalam rangka menuju Porprov Jatim 2022.

Full Text:

PDF

References


Al Ayubi, B. (2017). Profil Kondisi Fisik Pemain Liga Pendidikan Indonesia (LPI) Sepakbola Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam Menghadapi Liga Pendidikan Indonesia (LPI) Tahun 2017. Journal Student UNY, 6(7).

Allung, J. R. (2018). Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Taekwondo Pada Pusat Pembinaan Dan Latihan Olahraga Pelajar Nusa Tenggara Timur. Journal of Physical Education and Sports.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assalam, D., & Hidayah, T. (2015). Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Pencak Silat Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Provinsi Kalimantan Timur. Journal of Physical Education and Sports, 4(1), 87–92. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere

Azidman, L., Arwin, & S. (2017). Profil Kondisi Fisik Pemain Sepak Bola SMA Negeri 1 Kaur. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(1), 35–39.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

Herpandika, R. P., Yuliawan, D., & Rizky, M. Y. (2019). Studi Kondisi Fisik Dan Status Gizi Atlet Puslatkot Kota Kediri 2019. In Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG).

M. Soekarno Putra, I. S. (2021). Implementasi Aplikasi Pengukuran Kondisi FisikPemain Sepak Bola Berbasis Web Mobile. IT Journal Research and Development (ITJRD), 5(2), 135–146. https://doi.org/DOI : 10.25299/itjrd.2021.vol5(2).5281

Martini. (2019). Prosedur dan Prinsip – Prinsip Statistika (1st ed.). Surabaya: Unesa Pers.

Moskovchenko, O. N., Tolstopyatov, I. A., Redi, E. V., Ivanitsky, V. V., & Zakharova, L. V. (2019). World records in finswimming sport: Growth profiling analysis. Teoriya i Praktika Fizicheskoy Kultury, 2019(3), 70–72.

Puspitasari, P. W., & Rizky, M. Y. (2021). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani dan Status Gizi pada Atlet Puslatkot Kediri Cabang Olahraga Terukur dalam Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK), 1(1), 36–41. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/IJOK/article/view/11156




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v9i1.1838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats