PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT ( TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS XI TPm SMK SATRIA BARENG JOMBANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nur Rohim Qomarrudin

Abstract


ABSTRAK

Rohim, Nur Q . 2011. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Team Game  Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Shooting Sepakbola Kelas XI TPm SMK Satria Bareng Jombang Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015”. Dosen Pembimbing : Joan Rhobi Andrianto, M.Pd

 

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif TGT, Shooting Sepakbola

Latar belakang penelitin ini adalah masih banyak siswa yang belum menguasai tehnik dasar shooting sepakbola, masih banyak yang jauh dari sasaran gawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiPengaruh Metode Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Shooting Sepakbola Kelas XI TPm SMK SatriaBareng Jombang Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian ini,peneliti menggunakan  desain Pre-test dan Post-testOne group. Pada tahap pertama (pre-test). Tahap kedua, diberikan perlakuan berupa ShootingSepakbola menggunakan metodeTeam Game Tournament (TGT). Pertemuan ke tiga masih menggunakan metode pembelajaran yang sama. Tahap keempat merupakan  tahap akhir yang berupa post-test.

Pada penelitian ini peneiti menggunakan norma dari Bobby Charlton yang tertera bahwa tes shootingdengan gawang dibagi menjadi enam petak yang digunakan sebagai sasaran masuknya bola. Tiap peserta didik diberi empat kali kesempatan untuk melakukan shooting ke arah gawang, setelah siswa melakukanshooting maka terkumpul data. Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus t-tes diperoleh thitung sebesar 9.310 yang kemudian disamakan dengan menggunakan tabel distribusi uji t dengan taraf signifikan 5% dan df = N – 1. Maka di dapat df = 25 - 1 =24. Nilai t tabel = 1.711. Maka didapatkan t tabel sebesar 1.711. Ternyata thitung lebih besar dari ttabel atau thitung 9.310>1.711. Jadi Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif TGT (Team Game Tournament) terhadap hasil belajar shooting pada sepakbola.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACK

Rohim, Nur. Q 2011. Effect of Learning Method Team Games Tournament (TGT) Learning Outcomes Shooting Football Against class XI SMK TPM Satria Bareng Kabupaten Jombang Even Semester, Year 2014/2015. Advisor : Joan Rhobi Andrianto, M.Pd

 

Key word: TGT method, shooting football

            The background of this study is still a lot of students who have not mastered the basic technique of shooting football, still many are far from the target goal. This study aims to determine the effect of Learning Method Team Games Tournament (TGT) Learning Outcomes Shooting Football Against Class XI SMK Satria TPM Bareng Jombang in academic year 2014/2015. In this study, researchers used the design of pre-test and post-test One group. In the first stage (pre-test). The second phase, treatment is given in the form of using Shooting Football Tame Game Tournament (TGT). The third meeting still uses the same teaching methods. The fourth stage is the final stage in the form of post-test.

            In this study peneiti using the norm of Bobby Charlton stated that the test shooting with a wicket divided into six plots were used as the target entry of the ball. Each learner was given four times the opportunity to shoot on goal, after the students do the shooting then collected data. Based on calculations using the formula obtained t t-test of 9310 which then equalized with a distribution table t test with significance level of 5% and df = N - 1. Then in may df = 25-1 = 24. T table = 1,711. Then obtained t table amounted to 1,711. Turns thitung greater than t table or t count 9310> 1711. So Ha Ho accepted and rejected. Based on these results concluded that there is influence of cooperative learning TGT (Team Game Tournament) on learning outcomes shooting in football.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v1i1.185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Jasmani & Kesehatan



Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats