EVALUASI KINERJA KERJASAMA FAKULTAS ILMU OLAHRAGA DENGAN MITRA

Achmad Rizanul Wahyudi, Anna Noordia, Sasminta Christina Yuli Hartati, Dita Yuliastrid, Bayu Agung Pramono, Bayu Budi Prakoso

Abstract


Akreditasi menjadi tolok ukur perguruan tinggi diakui di tingkat nasional dan/atau internasional. Satu dari banyak standar yang harus dipenuhi oleh perguruan tinggi adalah kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Keberlangsungan kerjasama ini akan dapat dipelihara ketika mitra merasa puas dengan dampak dari keterlaksanaan kerjasama yang telah dilakukan. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepuasan mitra terhadap keterlaksanaan kerjasama dengan Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) Universitas Negeri Surbaya (Unesa). Sumber data berasal dari 14 mitra yang bekerjasama dengan FIO. Angket tertutup sesuai dengan standar bidang kerjasama Unesa digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mitra merasa sangat puas (m= 3.68, Standar deviasi= 0.10). Mitra bidang olahraga prestasi mengaku bahwa kerjasama yang dilakukan dapat membantu sekali dalam mendesain atlet supaya mempunyai performa tinggi. Sedangkan mitra dalam pengelolaan jurnal ilmiah mengaku bahwa kerjasama yang dilaksanakan dapat menciptakan komunikasi dan kolaborasi yang baik. Secara umum mitra merasa mendapatkan dampak positif dari kerjasama yang dilakukan.

Keywords


kolaborasi; keolahragaan; mitra; komunikasi; akreditasi

Full Text:

PDF

References


Fauzi, A. (2015). Analisis Kepuasan Mahasiswa (Consumer Satisfaction) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Berbasis Tujuh Standar Akreditasi BAN-PT Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Econosains, 13(2), 18–33. https://doi.org/10.21009/ECONOSAINS.0132.02

Hendryadi. (2017). Validitas isi: tahap awal pengembangan kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178. https://www.researchgate.net/profile/Hendryadi-Hendryadi/publication/323255432_VALIDITAS_ISI_TAHAP_AWAL_PENGEMBANGAN_KUESIONER/links/5a89bd800f7e9b1a9554281a/VALIDITAS-ISI-TAHAP-AWAL-PENGEMBANGAN-KUESIONER.pdf

Herawati, L. I., Ulum, I., & Juanda, A. (2020). Pengungkapan Modal Intelektual Perguruan Tinggi Vokasi di Indonesia Berdasarkan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 4(1), 107–121. https://doi.org/10.24034/J25485024.Y2020.V4.I1.4428

Junaidah, & Ayu, S. M. (2019). Strategi Kerjasama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dalam Meningkatkan Akreditasi Prodi. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 275–289. https://doi.org/10.24042/ALIDARAH.V9I2.5479

Kamper, S. J. (2020). Types of research questions: Descriptive, predictive, or causal. Journal of Orthopaedic and Sports Physical Therapy, 50(8), 468–469. https://doi.org/10.2519/jospt.2020.0703

Kardoyo, & Nurkhin, A. (2016). Analisis Kepuasan Pelayanan Perguruan Tinggi (Kasus pada Prodi Magister Pendidikan Ekonomi Unnes). Cakrawala Pendidikan, 35(2). https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.9881

NN. (2019). Permendikbud No. 46 Tahun 2019 tentang Rincian Tugas Unit Kerja di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. JDIH BPK RI. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/163730/permendikbud-no-46-tahun-2019

Nulhaqim, S. A., Heryadi, D. H., Pancasilawan, R., & Ferdryansyah, M. (2016). Peranan perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia untuk menghadapi ASEAN Community 2015 studi kasus: Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung. Share : Social Work Journal, 6(2). https://doi.org/10.24198/SHARE.V6I2.13209

Saputro, F. C., Anggraeni, W., & Mukhlason, A. (2012). Pembuatan Dashboard Berbasis Web Sebagai Sarana Evaluasi Diri Berkala Untuk Persiapan Penilaian Akreditasi Berdasarkan Standar Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Jurnal Teknik ITS, 1(1), A397–A402. https://doi.org/10.12962/j23373539.v1i1.1141

Soedjatmiko. (2018). Tracer study relevansi kompetensi lulusan program studi pendidikan kepelatihan olahraga dengan kebutuhan lapangan kerja. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.15294/JSCPE.V3I1.31880

Subroto, P. (2019). Kerjasama perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. In Power point. https://repository.unpar.ac.id/. https://repository.unpar.ac.id/bitstream/handle/123456789/9599/Orasi Dies FT 59_2019_Purwanto_Kerjasama PT-p.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Sugiyanti, D., & Nurhadi, D. (2013). Implementasi program kerjasama antara perguruan tinggi dengan dunia industri. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 3(1), 63–77. https://doi.org/10.21580/PHEN.2013.3.1.175

Suroto. (2016). Pengembangan Instrumen Pengukuran Kadar Keguruan (Tingkat Kompetensi) Mahasiswa Calon Guru dan Guru PJOK Indonesia. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat - Subtema: Inovasi Pendidikan, 193–202. http://lppm.unesa.ac.id/semnasppm/prosiding2016/1_Inovasi_Pendidikan.pdf




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v10i1.2270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats