EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MULTIGRADE DI SEKOLAH DASAR

Heru Iskandar Habibi, Heryanto Nur Muhammad, Advendi Kristiyandaru, Teguh Sholikin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang implementasi pembelajaran  yang meliputi: perencanaan, penataan pelaksanaan, hasil program pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas Rangkap di Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). (1) dalam aspek perencanaan program dengan indikator relevansi pembelajaran PJOK Kelas Rangkap dengan kurikulum 2013 berada pada kategori baik dan sudah disesuaikan dengan SE Kemendikbud No.15 Tahun 2020  pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat Covid-19; (2) dalam aspek penataan program dengan indikator latar belakang guru dan keterlibatan siswa masuk pada kategori baik, pada indikator sarana dan prasarana berada pada kategori baik, serta pada indikator persiapan mengajar berada pada kategori baik; (3) pada aspek pelaksanaan program dengan indikator pelaksanaan pembelajaran PJOK masuk ke dalam kategori baik; (4) aspek hasil program pembelajaran dengan indikator tingkat pemahaman siswa menunjukkan siswa-siswi di setiap sekolah dominan mendapatkan nilai diatas KKM atau dapat dinyatakan lulus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PJOK Kelas Rangkap di Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo menunjukkan hasil yang baik.


Keywords


Pembelajaran; Multigrade; Evaluasi; CIPP; Pendidikan Jasamani

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1998). Prosedur penilaian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 120-123.

Bupati Probolinggo. 2019. Pengelolaan Pembelajaran Kelas Rangkap (Multigrade Teaching) Jenjang Sekolah Dasar. Probolinggo:Sekretariat Bupati Probolinggo.

Endang, P., & Maulida, N. O. (2018). Dasar-dasar Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. In: CV. Pustaka Djati.

Gulo, W. (2010). Metodologi Penelitian, cetakan pertama. Jakarta: PT Grasindo.

Hendikawati, P. (2008). Multigrade Teaching: Upaya Mengatasi Masalah Pendistribusian Guru yang Tidak Merata di Indonesia. Lembaran Ilmu Kependidikan, 37(1).

Hyry-Beihammer, E. K., & Hascher, T. (2015). Multi-grade teaching practices in Austrian and Finnish primary schools. International Journal of Educational Research, 74, 104-113.

Koç, Y. (2017). The Effect of" Physical Education and Sport Culture" Course on the Attitudes of Preservice Classroom Teachers towards Physical Education and Sports. International Journal of Higher Education, 6(4), 200-209.

Little, A. W. (2001). Multigrade teaching: towards an international research and policy agenda. International Journal of Educational Development, 21(6), 481-497.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset terapan bidang pendidikan dan teknik. In: Yogyakarta: UNY Press.

Naparan, G. B., & Alinsug, V. G. (2021). Classroom strategies of multigrade teachers. Social Sciences & Humanities Open, 3(1), 100109.

Nugroho, W. A., Yudha, R. P., Sundari, S., & Praja, H. N. (2021). Analisis Instrumen Asesmen Unjuk Kerja pada Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar Kota Cirebon. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(2), 126-141.

Pambudi, M. I., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 110-116.

Ramadhani, D. (2020). Evaluasi pembelajaran pjok berbasis daring terhadap tingkat pemahaman Dan motivasi belajar siswa kelas IV-VI sd negeri betro, sedati-Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).

Ryan, T., & Poirier, Y. (2012). Secondary Physical Education Avoidance and Gender: Problems and Antidotes. Online Submission, 5(2), 173-194.

Sriundy, M. (2015). Metodologi Penelitian Surabaya. In: Unesa University Press.

Stavropoulou, A., & Stroubouki, T. (2014). Evaluation of educational programmes-the contribution of history to modern evaluation thinking. Health Science Journal, 8(2), 193-204.

Stufflebeam, D. L., & Coryn, C. L. (2014). Evaluation theory, models, and applications (Vol. 50): John Wiley & Sons.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif dan R & D. Bandung: Cv. Alfa Beta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta, CV.

Sunarya, A. (2008). PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP (MULTIGRADE TEACHING). Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.

Surahni. (2017). Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (PJOK) Sebagai Sarana Pendidikan Moral. URECOL, 39-46.

Wang, R. (2017). Research on physical education problems and management reform of chinese colleges and universities. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(10), 7057-7069.

Warju, W. (2016). Educational program evaluation using CIPP model. INVOTEC, 12(1).




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v10i2.2499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats