Aplikasi mobile learning materi model pembelajaran teknik dasar bulutangkis bagi mahasiswa: Validasi ahli
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil uji validasi ahli pada luaran penelitian berupa aplikasi mobile learning bernama SA’BOM (Silvi Aryanti’ Badminton Models). Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Aplikasi SA’BOM dilakukan uji validasi pada ahli permainan bulutangkis, ahli bahasa, dan ahli media. Aplikasi SA’BOM materi bulutangkis dapat digunakan untuk mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Validasi dilakukan sebanyak tiga kali sehingga didapatkan hasil yang baik. Hasil penelitian validasi pada ahli media yaitu 88,4% kategori sangat layak, hasil validasi ahli materi permainan bulutangkis yaitu 90,7% kategori sangat layak, dan hasil penelitian validasi ahli bahasa yaitu 91,7% kategori sangat layak. Berdasarkan hasil dari ketiga ahli dapat disimpulkan bahwa Aplikasi SA’BOM sangat layak. Maka, aplikasi SA’BOM dapat dilakukan uji coba kepada mahasiswa saat pembelajaran bulutangkis.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agam Joko Saputro, Pandu Kresnapati, & M. Isna Wibisana. (2021). Pengembangan Model Permainan Bulutangkis “ Tangkis Mini ” Dalam Penjasorkes Pada Siswa Kelas Xi Smk Nusa Bhakti Kota Semarang. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 143–150. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2845
Armanda, B. C., Adi, S., & Widiawati, P. (2021). Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Pukulan Lob dan Smash Bulutangkis Usia 8-12 Tahun di PB IMARA Kota Kediri Berbasis Android. Sport Science and Health, 3(10), 784–789. https://doi.org/10.17977/um062v3i102021p784-789
Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesional guru dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64–73.
Bannan, B., Cook, J., & Pachler, N. (2016). Reconceptualizing design research in the age of mobile learning. Interactive Learning Environments, 24(5), 938–953. https://doi.org/10.1080/10494820.2015.1018911
Cahyono, T. T., Resita, C., & Hidayat, A. S. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Patriot, 3(3), 314–328. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i3.806
Christianto, J., & Dwiyogo, W. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Cricket Berbasis Mobile Learning Pada Tim Olahraga Cricket Universitas Negeri Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 168. https://doi.org/10.17977/um040v3i2p168-174
Clarasasti, E. I., & Jatmika, D. (2017). Pengaruh Kecemasan Berolahraga terhadap Motivasi Berprestasi Atlet Bulutangkis Remaja di Klub J Jakarta. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 121. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.421
Criollo-C, S., Guerrero-Arias, A., Jaramillo-Alcázar, Á., & Luján-Mora, S. (2021). Mobile learning technologies for education: Benefits and pending issues. Applied Sciences (Switzerland), 11(9). https://doi.org/10.3390/app11094111
Hidayat, A. K., Hasanah, N., & Nugroho, A. I. (2022). Model Latihan Teknik Dasar Service Bulutangkis Bagi Atlet Junior Kelompok Usia Dini. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 4(02), 214–226. https://doi.org/10.35724/mjpes.v4i02.4463
Kurniawan, wawan, H. K. dan A. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Mata Kuliah Bulu Tangkis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 07(05), 1–9. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/25475/75676576633
Phomsoupha, M., & Laffaye, G. (2015). The Science of Badminton: Game Characteristics, Anthropometry, Physiology, Visual Fitness and Biomechanics. Sports Medicine, 45(4), 473–495. https://doi.org/10.1007/s40279-014-0287-2
Rhamadani, A. (2021). Pengembangan Video Teknik Dasar Bulutangkis Atlet Pemula PB. Boy Junior Kuala Tungkal: Video Development of Basic Badminton Techniques of PB Beginner Athletes Boy Junior Kuala Tungkal. Jurnal Score, 1(2), 08-14.
Solekhudin, D. (2022). “Smart-Bung” Pengembangan Media Pembelajaran Pada Teknik Dasar Bulutangkis. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS). https://mahardhika.or.id/jurnal/index.php/jpas/article/view/125%0Ahttps://mahardhika.or.id/jurnal/index.php/jpas/article/download/125/100
Suryadi, S. (2019). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal Informatika, 3(3), 9–19. https://doi.org/10.36987/informatika.v3i3.219
Utomo, A. W. (2020). Utilitas Media Sosial Smartphone dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. OSF Preprints, 1–10. https://osf.io/sghy2/
Vallejo-Correa, P., Monsalve-Pulido, J., & Tabares-Betancur, M. (2021). A systematic mapping review of context-aware analysis and its approach to mobile learning and ubiquitous learning processes. Computer Science Review, 39, 100335.
Wahib, M. A. A. Al, Taufik, & Adi, S. (2020). Pengembangan Variasi Latihan Pukulan Smash Dan Netting pada Permainan Bulutangkis Menggunakan Aplikasi Android. Indonesian Journal of Sport and Physical Education, Fakkultas Ilmu Keolahragaan, UNiversitas Negeri Malang, 2(4), 12–17. http://journal2.um.ac.id/index.php/jospe/article/view/24919
Yuniarto, A., Supriyadi, S., & Sudjana, I. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Teknik Dasar Dan Peraturan Permainan Futsal. JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 2(1), 51–62. https://doi.org/10.33503/jpjok.v2i1.188
DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v10i3.2587
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexing:
Office:
Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: [email protected]
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index