Aplikasi mobile learning materi model pembelajaran teknik dasar bulutangkis bagi mahasiswa: Validasi ahli

Silvi Aryanti, Novritika Novritika, Fitriana Fitriana, Nurpajriwati Nurpajriwati, Yunda Anisa

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil uji validasi ahli pada luaran penelitian berupa aplikasi mobile learning bernama SA’BOM (Silvi Aryanti’ Badminton Models). Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Aplikasi SA’BOM dilakukan uji validasi pada ahli permainan bulutangkis, ahli bahasa, dan ahli media. Aplikasi SA’BOM materi bulutangkis dapat digunakan untuk mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Validasi dilakukan sebanyak tiga kali sehingga didapatkan hasil yang baik. Hasil penelitian validasi pada ahli media yaitu 88,4%  kategori sangat layak, hasil validasi ahli materi permainan bulutangkis yaitu 90,7% kategori sangat layak, dan hasil penelitian validasi ahli bahasa yaitu 91,7% kategori sangat layak. Berdasarkan hasil dari ketiga ahli dapat disimpulkan bahwa Aplikasi SA’BOM sangat layak. Maka, aplikasi SA’BOM dapat dilakukan uji coba kepada mahasiswa saat pembelajaran bulutangkis.


Keywords


Mobile Learning; Aplikasi; Pembelajaran; Bulu Tangkis

References


Agam Joko Saputro, Pandu Kresnapati, & M. Isna Wibisana. (2021). Pengembangan Model Permainan Bulutangkis “ Tangkis Mini ” Dalam Penjasorkes Pada Siswa Kelas Xi Smk Nusa Bhakti Kota Semarang. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 143–150. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2845

Armanda, B. C., Adi, S., & Widiawati, P. (2021). Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Pukulan Lob dan Smash Bulutangkis Usia 8-12 Tahun di PB IMARA Kota Kediri Berbasis Android. Sport Science and Health, 3(10), 784–789. https://doi.org/10.17977/um062v3i102021p784-789

Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesional guru dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64–73.

Bannan, B., Cook, J., & Pachler, N. (2016). Reconceptualizing design research in the age of mobile learning. Interactive Learning Environments, 24(5), 938–953. https://doi.org/10.1080/10494820.2015.1018911

Cahyono, T. T., Resita, C., & Hidayat, A. S. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Patriot, 3(3), 314–328. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i3.806

Christianto, J., & Dwiyogo, W. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Cricket Berbasis Mobile Learning Pada Tim Olahraga Cricket Universitas Negeri Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 168. https://doi.org/10.17977/um040v3i2p168-174

Clarasasti, E. I., & Jatmika, D. (2017). Pengaruh Kecemasan Berolahraga terhadap Motivasi Berprestasi Atlet Bulutangkis Remaja di Klub J Jakarta. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 121. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.421

Criollo-C, S., Guerrero-Arias, A., Jaramillo-Alcázar, Á., & Luján-Mora, S. (2021). Mobile learning technologies for education: Benefits and pending issues. Applied Sciences (Switzerland), 11(9). https://doi.org/10.3390/app11094111

Hidayat, A. K., Hasanah, N., & Nugroho, A. I. (2022). Model Latihan Teknik Dasar Service Bulutangkis Bagi Atlet Junior Kelompok Usia Dini. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 4(02), 214–226. https://doi.org/10.35724/mjpes.v4i02.4463

Kurniawan, wawan, H. K. dan A. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Mata Kuliah Bulu Tangkis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 07(05), 1–9. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/25475/75676576633

Phomsoupha, M., & Laffaye, G. (2015). The Science of Badminton: Game Characteristics, Anthropometry, Physiology, Visual Fitness and Biomechanics. Sports Medicine, 45(4), 473–495. https://doi.org/10.1007/s40279-014-0287-2

Rhamadani, A. (2021). Pengembangan Video Teknik Dasar Bulutangkis Atlet Pemula PB. Boy Junior Kuala Tungkal: Video Development of Basic Badminton Techniques of PB Beginner Athletes Boy Junior Kuala Tungkal. Jurnal Score, 1(2), 08-14.

Solekhudin, D. (2022). “Smart-Bung” Pengembangan Media Pembelajaran Pada Teknik Dasar Bulutangkis. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS). https://mahardhika.or.id/jurnal/index.php/jpas/article/view/125%0Ahttps://mahardhika.or.id/jurnal/index.php/jpas/article/download/125/100

Suryadi, S. (2019). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal Informatika, 3(3), 9–19. https://doi.org/10.36987/informatika.v3i3.219

Utomo, A. W. (2020). Utilitas Media Sosial Smartphone dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. OSF Preprints, 1–10. https://osf.io/sghy2/

Vallejo-Correa, P., Monsalve-Pulido, J., & Tabares-Betancur, M. (2021). A systematic mapping review of context-aware analysis and its approach to mobile learning and ubiquitous learning processes. Computer Science Review, 39, 100335.

Wahib, M. A. A. Al, Taufik, & Adi, S. (2020). Pengembangan Variasi Latihan Pukulan Smash Dan Netting pada Permainan Bulutangkis Menggunakan Aplikasi Android. Indonesian Journal of Sport and Physical Education, Fakkultas Ilmu Keolahragaan, UNiversitas Negeri Malang, 2(4), 12–17. http://journal2.um.ac.id/index.php/jospe/article/view/24919

Yuniarto, A., Supriyadi, S., & Sudjana, I. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Teknik Dasar Dan Peraturan Permainan Futsal. JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 2(1), 51–62. https://doi.org/10.33503/jpjok.v2i1.188




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v10i3.2587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats