Pengaruh Aktivitas Fisik Dan Motivasi Belajar Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SDN Kartoharjo 2 Kab. Magetan

Desy Hariyanto, Nortje Anita Kumaat, Advendi Kristiandaru

Abstract


Permasalahan muncul ketika siswa merasa kurang semangat dalam pembelajaran hal ini merupakan indikasi dari kualitas aktivitas fisik, motivasi dan kebugaran yang kurang baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh aktivitas fisik dan motivasi belajar terhadap kebugaran jasmani, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling Dengan jumlah sampel 39 siswa kelas atas di Sekolah Dasar Negeri Kartoharjo di Kabupaten Magetan. Instrumen tes TKJI Usia 10 – 12 tahun, tes aktivitas fisik menggunakan angket PAQ-C untuk motivasi belajar menggunakan angket. Hasil penelitian setiap variabel menggambarkan bahwa semua variabel menunjukkan masuk kategori sedang. Dan untuk hasil uji regresi berdasarkan hasil perhitungan menunjukan bahwa untuk aktivitas fisik dan motivasi belajar dengan kebugaran jasmani memperoleh nilai sig 0.034 < 0.05, kesimpulan menggambarkan adanya sebuah pengaruh positif antara aktivitas fisik dan motivasi belajar siswa terhadap kebugaran jasmani siswa kelas atas siswa SDN Kartoharjo 2 Kab. Magetan

References


Abdurrahim, F., & Hariadi, I. (2018). 68 Ipj 2 (1) (2018) Indonesia Performance Journal. 2(1), 68–73. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jko

Andriani, R. (2016). Hubungan Antara Indeks Massa Tubuh dan Aktivitas Fisik dengan Volume Oksigen Maksimum (Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from http://etd.lib.metu.edu.tr/upload/12620012/index.pdf

Bawiling, Nancy Sylvia, D. (2014). Pelatihan Senam Ayo Bergerak , Senam Bugar Indonesia Lebih Meningkatkan Kebugaran Fisik daripada Senam Ayo Bersatu pada Wanita Anggota Klub Senam Lala Studio Denpasar. Sport and Fitness Journal, 2(1), No. 1 : 150 – 161.

Chen, W., Hammond-Bennett, A., Hypnar, A., & Mason, S. (2018). Health-related physical fitness and physical activity in elementary school students. BMC Public Health, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s12889-018-5107-4

Danim, S. (2004). Motivasi kepemimpinan dan efektivitas kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.

Gram B, Andersen C, Zebis MK, Bredahl T, Pedersen MT, Mortensen OS, … Sjøgaard G. (2014). Effect of training supervision on effectiveness of strength training for reducing neck/shoulder pain and headache in office workers: cluster randomized controlled trial. Biomed Research International, 2014(693013). Retrieved from http://dx.doi.org/10.1155/2014/693013

Hallal, P. C., Andersen, L. B., Bull, F. C., Guthold, R., Haskell, W., Ekelund, U., … Wells, J. C. (2012). Global physical activity levels: Surveillance progress, pitfalls, and prospects. The Lancet, 380(9838), 247–257. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(12)60646-1

Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Irwanto, P. (2021). Pengaruh Gaya Mengajar Dosen, Asistenis dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Aplikasi Akuntansi Pemeriksaan. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 18(1), 243–250.

Ismaryati. (2008). Penggunaan Metode Kombinasi Latihan Sirkuit-Pliometrik dan Berat Badan. Program Pendidikan POK, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta, 11(0271), 74–89.

Kowalski, K. C., Crocker, P. R. E., & Faulkner, R. A. (2014). Validation of the Physical Activity Questionnaire for Older Children. Pediatric Exercise Science, 9(2), 174–186. https://doi.org/10.1123/pes.9.2.174

Ma’arif, I., & Prasetiyo, R. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3451–3456.

Maarif Ilmul, & Hamid, I. A. (2022). SPRINTER : Jurnal Ilmu Olahraga Gambaran Aktivitas Fisik pada Siswa Kelas IV SDN Mojorejo Kabupaten Mojokerto. 3(2).

Oktriani, S. (2019). Physical Activity in Elderly: An Analysis of Type of Sport Taken by Elderly in Bandung. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 62–67. https://doi.org/10.17509/jpjo.v4i1.15059

Prasetiyo, R. (2022). The Effect Of Parenting Style On Athletes’ Achievement Motivation. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 1501–1506. https://doi.org/10.2991/icaaip-17.2018.65

Shomoroa, D., & Mondalb, S. (2014). Comparative Relationships of Selected Physical Fitness Variables among Different College Students of Mekelle University Ethiopia Africa. International Journal of Physical Education, Fitness and Sports, 3(1), 80–84.

Sulistiono, A. A. (2014). Basic and Secondary Education Students Physical Fitness in West Java. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20 no 2, 223–233.

Uno, H. B. (2021). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Zhou, Z., Li, S., Yin, J., Fu, Q., Ren, H., Jin, T., … Yin, Z. (2019). Impact on physical fitness of the chinese champs: A clustered randomized controlled trial. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(22). https://doi.org/10.3390/ijerph16224412




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v10i3.2593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats