UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI MINAT BELAJAR GERAK DASAR LOKOMOTOR MELALUI METODE KOOPERATIF PADA SISWA KELAS III SDN PURISEMANDING I PLANDAAN JOMBANG

Liana Ika Wati

Abstract


Penelitian ini berawal dari rendahnya minat siswa dalam melakukan keterampilan gerak dasar lokomotor. Hal ini disebabkan siswa masih menggunakan pembelajaran yang sebenarnya dalam melakukan gerak dasar lokomotor. Dengan melihat hal tersebut, maka diperlukan tindakan untuk mengatasinya, yaitu dengan cara menerapkan metode kooperatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan menggunakan metode kooperatif dapat meningkatkan motivasi siswa dalam hal melakukan gerak dasar lokomotor. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus. Subjek dan lokasi penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Purisemanding I, Plandaan, Jombang dengan jumlah 14 siswa. Istrumen yang digunakan antara lain angket, RPP dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi dan Penyebaran angket, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini mengalami peningkatan selama II siklus dengan persentase ketuntasan 50% pada siklus I dan persentase ketuntasan pada siklus II adalah 86%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kooperatif dapat meningkatkan motivasi belajar gerak dasar lokomotor siswa kelas III SDN Purisemanding I, Plandaan, Jombang Tahun Pelajaran 2013/2014.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v2i3.271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Jasmani & Kesehatan



Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats