Representasi kebudayaan lokal dan nasionalisme pada maskot Pon XX Papua 2020: Analisis semiotika Charles Sanders Pierce

Nurrul Riyadh Fadhli, Taufik Taufik, Dona Sandy Yudasmara, Eldiene Zaura I’tamada, Ricky Setya

Abstract


Event-event olahraga seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX 2020 menjadi salah satu event yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia. Maskot selalu menjadi hal penting dalam acara olahraga, karena tidak jarang netizen mengkritik maskot. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis maskot PON XX Papua 2020 menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Ditemukan bahwa unsur-unsur yang terkandung dalam maskot Kangpho mencakup nilai-nilai budaya dan nasional pada saat yang bersamaan. Secara kultural, budaya lokal suku Asmat dan beberapa etnis lainnya dihadirkan melalui pakaian dan ikat pinggang berukir khas sebagai nilai budaya dan estetika. Secara nasional, pemilihan maskot kanguru pohon yang bersifat antropomorfik dan pencantuman representasi gunung yang eksotis menjadi simbol nasionalisme melalui kekayaan yang ada di dalamnya, sedangkan maskot Drawa mengenakan topi dan rok rumbai khas Papua, menunjukkan budaya di mana event olahraga tersebut diselenggarakan. Sedangkan dari representasi nasionalisme, pemilihan maskot Cendrawasih dan kalung berwarna bendera Indonesia menunjukkan nilai nasionalisme terhadap eksistensi olahraga yang diselenggarakan di Papua.


Keywords


maskot; papua; semiotic

References


Agus, E., & Zulfami. (2021). Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai Nasionalisme Generasi Muda. Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum, 2, 26-33.

Baskoro, M. L. (2016). PERSEPSI NETIZEN INDONESIA TERHADAP LOGO DAN MASKOT ASIAN GAMES 2018. Jurnal Desain, 189-187.

Dewi, R. R. (2018). DESAIN MASKOT DAN PROMOSI PARIWISATA KOTA MUARA TEWEH KALIMANTAN TENGAH. Jurnal Seni Rupa dan Desain, 33-34.

Hasbullah, Santosa, H., & Swandi, I. W. (2020). MAKNA DESAIN KARAKTER “SI METON” PADA MASKOT PILKADA NTB TAHUN 2018. Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 173.

Jhalugilang, P. (2018). Maskot Asian Games 2018 Sebagai Sebuah Brand Dan Pemanfaatan Media Sosial Dalam Memperkuat Brand. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15 (2).

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua. (2022, Maret 2). LAPORAN PEREKONOMIAN PROVINSI PAPUA FEBRUARI 2022. Retrieved from bi.go.id: https://www.bi.go.id/id/publikasi/laporan/lpp/Pages/Laporan-Perekonomian-Provinsi-Papua-Februari-2022.aspx

Uchiumi, K. (2010). ON SPORTING NATIONALISM RESEARCH METHODOLOGY. Hitotsubashi Journalof Arts and Sciences, 1-17.

Widhoroso. (2021, Oktober 2). PON Papua 2021, KONI Pusat Tekankan Pentingnya Sportivitas. Retrieved from mediaindonesia.com: https://mediaindonesia.com/olahraga/437042/pon-papua-2021-koni-pusat-tekankan-pentingnya-sportivitas

Widisuseno, I. (2010). Nasionalisme dan Tantangannya di Indonesia (Menyoal Nasionalisme di Indonesia). Jurnal Istiwa, 16(2).

Allen, G. R., & Erdmann, M. V. (2009). Reef fishes of the Bird’s Head Peninsula, West Papua, Indonesia. Check List, 5(3), 587. https://doi.org/10.15560/5.3.587

Beehler, B. M. (2007). Introduction to Papua. The Ecology of Papua, Singapore: Periplus Publishing, 1(3–13).

Gregory, R. L. (1997). Eye and Brain: The Psychology of Seeing (5th ed.). Princeton University Press.

Gumilar, G., Kusmayadi, I. M., & Zulfan, I. (2018). Komunitas Olah Raga Untuk Kaum Urban Bandung: Membangun Jaringan Komunikasi Melalui Media Sosial. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 158–169. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.22

Halliwell, S. (2009). The Aesthetics of Mimesis: Ancient Texts and Modern Problems. princeton university press. https://press.princeton.edu/books/ebook/9781400825301/the-aesthetics-of-mimesis

Iriyanto Widisuseno. (2010). Nasionalisme dan Tantangannya di Indonesia.

Kress G, V. L. T. (2006). Reading Images: The Grammar of Visual Design. Routledge.

Polhemus, D. A. (2007). Tectonic geology of Papua. The Ecology of Papua, Singapore: Periplus Publishing, 1, 137–164.

Qoriah, A., & Husna, A. N. (2019). 18th ASIAN Games and Indonesian’s Nationalism. 362(Acpes), 26–31. https://doi.org/10.2991/acpes-19.2019.6

Van Leeuwen T, K. G. (2011). Discourse semiotics. In: Van Dijk T (ed.) Discourse Studies: A Multidisciplinary Introduction. Sage.

Yoedtadi, M. G., & Sandy. (2021). Nationalism in Sports Photos (Semiotic Analysis of Football Sports Journalistic Photos on Peksi Cahyo’s Instagram). Proceedings of the International Conference on Economics, Business, Social, and Humanities (ICEBSH 2021), 570(Icebsh), 667–672. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210805.105

Yovinus, Y. (2018). Peran Komunikasi Publik Media Sosial dalam Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik Di Kota Bandung. 1, 185–211. https://doi.org/https://doi.org/10.36859/jap.v1i01.47




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v10i4.2729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats