Pengaruh Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Jarak Jauh Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar
Abstract
Orang tua merupakan pendidikan utama dalam meningkatkan minat, motivasi serta membentuk karakter seorang anak Pendidikan anak dipengaruhi oleh peranan orang tua. Selain itu, peran orang tua memiliki pengaruh yang tinggi dalam meningkatkan motivasi belajar anak ketika melaksanakan daring. Dalam penelitian tersebut dilakukan dengan tujuan mengetahui adanya pengaruh antara peran orang tua dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel penelitian peserta didik kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kraton 2 Maospati dengan jumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner atau angket dengan pengujian hipotesis menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan maka memperoleh hasil terdapat pengaruh peran orang tua dalam pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar yang ditunjukkan dengan signifikan sebesar 0,03 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aimang, H. A. (2022). Survey Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 5(1), 62. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i1.1608
Aisyatinnaba, N., & Sutoyo, A. (2016). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA. Ijgc, 5(4), 52–57. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Arif, M. I., & Setyawan, R. (2022). Respons peserta didik dan orang tuan terhadap pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Sriwijaya Journal of Sport, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.55379/sjs.v1i2.255
Chen, P., Mao, L., Nassis, G. P., Harmer, P., Ainsworth, B. E., & Li, F. (2020). Returning Chinese school-aged children and adolescents to physical activity in the wake of COVID-19: Actions and precautions: COVID-19 and School Physical Activity. Journal of Sport and Health Science, 9(4), 322–324. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2020.04.003
Cheung, S. K., & Kwan, J. L. Y. (2021). Parents’ perceived goals for early mathematics learning and their relations with children’s motivation to learn mathematics. Early Childhood Research Quarterly, 56, 90–102. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.03.003
Fahrizqi, E. B., Agus, R. M., Yuliandra, R., & Gumantan, A. (2021). The Learning Motivation and Physical Fitness of University Students During the Implementation of the New Normal Covid-19 Pandemic. JUARA : Jurnal Olahraga, 6(1), 88–100. https://doi.org/10.33222/juara.v6i1.1184
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
Garbe, A., ogurlu, U., Logan, N., & Cook, P. (2020). Parents’ Experiences with Remote Education during COVID-19 School Closures. American Journal of Qualitative Research, 4(3), 45–65. https://doi.org/10.29333/ajqr/8471
Green, J. K., Burrow, M. S., & Carvalho, L. (2020). Designing for Transition: Supporting Teachers and Students Cope with Emergency Remote Education. Postdigital Science and Education, 2(3), 906–922. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00185-6
Griffith, A. K. (2022). Parental Burnout and Child Maltreatment During the COVID-19 Pandemic. Journal of Family Violence, 37(5), 725–731. https://doi.org/10.1007/s10896-020-00172-2
Hakim, L., & Susanto, R. (2021). Pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga kesehatan di tengah darurat Covid-19 di Surabaya, dapatkah diterapkan? Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(3), 237. https://doi.org/10.20527/multilateral.v20i3.11242
Hasgimianti, H., Nirwana, H., & Daharnis, D. (2017). Perhatian Orangtua Dan Motivasi Belajar Siswa Yang Berlatar Belakang Melayu Dan Jawa. Insight Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 130–143. https://doi.org/10.21009/insight.062.02
Ikbar, F. D., Kurniawan, F., & Sumarno, A. (2021). Peranan orang tua siswa dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) Pendidikan Jasmani kelas I, II, dan III di SDIT Mentari Ilmu Karawang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8779–8783. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2389
Junianto, T. (2022). Pembelajaran PJOK kondisi pandemi covid-19 pada siswa sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(2), 203–212. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.28
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Navida, I., Fakhriyah, F., & Kironoratri, L. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(1), 11–21. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i1.1366
Nur, A. S., & Massang, B. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Ix Smp Negeri Di Kota Merauke. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 89. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2067
Pan, S. L., Cui, M., & Qian, J. (2020). Information resource orchestration during the COVID-19 pandemic: A study of community lockdowns in China. International Journal of Information Management, 54(May), 102143. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102143
Ramadhani, D., Mahardika, I. M. S., & Indahwati, N. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pjok Berbasis Daring Terhadap Tingkat Pemahaman Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv - Vi Sd Negeri Betro, Sedati - Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1). https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1817
Rizki, W. K., & Yuwono, C. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Era Pandemi pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Kalinyamatan Jepara. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 327–335. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/inapes
Rizqi, A. T., & Sumantri, M. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 145–154.
Rompas, R., Ismanto, A. Y., & Oroh, W. (2018). Hubungan peran orang tua dengan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia sekolah di SD Inpres Talikuran Kecamatan Kawangkoan Utara. Jurnal Keperawatan, 6(1), 1–6.
Rulli, E. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak . Jurnal Edukasi Nonformal , vol.1(No.1), 143–146.
Sakti, S. A. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 73–81. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.804
Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14
Supriyadi, S. (2020). Pengaruh Kemandirian Dan Dukungan Orangtua Pada Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Prestasi Belajar Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 4(2), 56–69. https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i2.434
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792
Widiade, I. K. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Baca-Tulis Berbasis Sekolah Di Sdn 02 Dan 04 Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(1), 53–60. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.55
Wulandari, A. P., & Renda, N. T. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 90. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068
DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v11i1.2894
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Afid Sumarlian, Anung Priambodo, Advendi Kristiyandaru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexing:
Office:
Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: [email protected]
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index