Pengaruh Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Jarak Jauh Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar

Afid Sumarlian, Anung Priambodo, Advendi Kristiyandaru

Abstract


Orang tua merupakan pendidikan utama dalam meningkatkan minat, motivasi serta membentuk karakter seorang anak Pendidikan anak dipengaruhi oleh peranan orang tua. Selain itu, peran orang tua memiliki pengaruh yang tinggi dalam meningkatkan motivasi belajar anak ketika melaksanakan daring. Dalam penelitian tersebut dilakukan dengan tujuan mengetahui adanya pengaruh antara peran orang tua dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel penelitian peserta didik kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kraton 2 Maospati dengan jumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner atau angket dengan pengujian hipotesis menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan maka memperoleh hasil terdapat pengaruh peran orang tua dalam pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar yang ditunjukkan dengan signifikan sebesar 0,03 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh.


Keywords


motivasi belajar; peran orangtua; pembelajaran jarak jauh

References


Aimang, H. A. (2022). Survey Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 5(1), 62. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i1.1608

Aisyatinnaba, N., & Sutoyo, A. (2016). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA. Ijgc, 5(4), 52–57. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Arif, M. I., & Setyawan, R. (2022). Respons peserta didik dan orang tuan terhadap pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Sriwijaya Journal of Sport, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.55379/sjs.v1i2.255

Chen, P., Mao, L., Nassis, G. P., Harmer, P., Ainsworth, B. E., & Li, F. (2020). Returning Chinese school-aged children and adolescents to physical activity in the wake of COVID-19: Actions and precautions: COVID-19 and School Physical Activity. Journal of Sport and Health Science, 9(4), 322–324. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2020.04.003

Cheung, S. K., & Kwan, J. L. Y. (2021). Parents’ perceived goals for early mathematics learning and their relations with children’s motivation to learn mathematics. Early Childhood Research Quarterly, 56, 90–102. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.03.003

Fahrizqi, E. B., Agus, R. M., Yuliandra, R., & Gumantan, A. (2021). The Learning Motivation and Physical Fitness of University Students During the Implementation of the New Normal Covid-19 Pandemic. JUARA : Jurnal Olahraga, 6(1), 88–100. https://doi.org/10.33222/juara.v6i1.1184

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Garbe, A., ogurlu, U., Logan, N., & Cook, P. (2020). Parents’ Experiences with Remote Education during COVID-19 School Closures. American Journal of Qualitative Research, 4(3), 45–65. https://doi.org/10.29333/ajqr/8471

Green, J. K., Burrow, M. S., & Carvalho, L. (2020). Designing for Transition: Supporting Teachers and Students Cope with Emergency Remote Education. Postdigital Science and Education, 2(3), 906–922. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00185-6

Griffith, A. K. (2022). Parental Burnout and Child Maltreatment During the COVID-19 Pandemic. Journal of Family Violence, 37(5), 725–731. https://doi.org/10.1007/s10896-020-00172-2

Hakim, L., & Susanto, R. (2021). Pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga kesehatan di tengah darurat Covid-19 di Surabaya, dapatkah diterapkan? Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(3), 237. https://doi.org/10.20527/multilateral.v20i3.11242

Hasgimianti, H., Nirwana, H., & Daharnis, D. (2017). Perhatian Orangtua Dan Motivasi Belajar Siswa Yang Berlatar Belakang Melayu Dan Jawa. Insight Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 130–143. https://doi.org/10.21009/insight.062.02

Ikbar, F. D., Kurniawan, F., & Sumarno, A. (2021). Peranan orang tua siswa dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) Pendidikan Jasmani kelas I, II, dan III di SDIT Mentari Ilmu Karawang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8779–8783. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2389

Junianto, T. (2022). Pembelajaran PJOK kondisi pandemi covid-19 pada siswa sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(2), 203–212. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.28

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Navida, I., Fakhriyah, F., & Kironoratri, L. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(1), 11–21. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i1.1366

Nur, A. S., & Massang, B. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Ix Smp Negeri Di Kota Merauke. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 89. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2067

Pan, S. L., Cui, M., & Qian, J. (2020). Information resource orchestration during the COVID-19 pandemic: A study of community lockdowns in China. International Journal of Information Management, 54(May), 102143. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102143

Ramadhani, D., Mahardika, I. M. S., & Indahwati, N. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pjok Berbasis Daring Terhadap Tingkat Pemahaman Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv - Vi Sd Negeri Betro, Sedati - Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1). https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1817

Rizki, W. K., & Yuwono, C. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Era Pandemi pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Kalinyamatan Jepara. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 327–335. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/inapes

Rizqi, A. T., & Sumantri, M. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 145–154.

Rompas, R., Ismanto, A. Y., & Oroh, W. (2018). Hubungan peran orang tua dengan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia sekolah di SD Inpres Talikuran Kecamatan Kawangkoan Utara. Jurnal Keperawatan, 6(1), 1–6.

Rulli, E. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak . Jurnal Edukasi Nonformal , vol.1(No.1), 143–146.

Sakti, S. A. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 73–81. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.804

Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14

Supriyadi, S. (2020). Pengaruh Kemandirian Dan Dukungan Orangtua Pada Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Prestasi Belajar Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 4(2), 56–69. https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i2.434

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792

Widiade, I. K. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Baca-Tulis Berbasis Sekolah Di Sdn 02 Dan 04 Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(1), 53–60. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.55

Wulandari, A. P., & Renda, N. T. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 90. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v11i1.2894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Afid Sumarlian, Anung Priambodo, Advendi Kristiyandaru

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats