Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Gerak Dasar Siswa Kelas Bawah Di SDN Mrahu Kab. Magetan

Amin Mulyanto, Norce Anita Kumaat, Advendi Kristiyandaru

Abstract


Dengan adanya permasalahan munculnya teknologi yang dihadapi dibutuhkan sebuah upaya dan metode pembelajaran yang nisa memotivasi anak sekolah dasar untuk bergerak. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap kemampuan gerak dasar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian one group pretest-posttest design. Teknik sampel yang digunakan yaitu total sampling dengan 76 siswa, Hasil penelitian menunjukan hasil pre tes keterampilan gerak dasar 32 siswa (47.76%) kategori rendah. perhitungan pre test gerak objek kontrol 18 siswa (26.87%) kategori rendah. Hasil post test untuk keterampilan gerak dasar masuk kategori  rata – rata 34 siswa (50,75), post test objek kontrol kategori rata – rata dengan 34 siswa (50,75%), untuk mengetahui uji beda Berdasarkan hasil uji t bahwa nilai sig untuk keterampilan dasar gerak nilai sig 0,00 < 0,05 dan untuk objek kontrol mangambarkan nilai sig 0,037 < 0,05. kesimpulan terdapat pengaruh yaitu untuk keterampilan gerak dasar sebesar 2,96, untuk objek kontrol sebesar 0,16.


References


Agus, M., & Bambang, A. J. (2021). Panduan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA/SMK Untuk Kelas X.

Azizah, M. I. (2016). Ilza Ma’azi Azizah. Efektivitas Pembeljaran Menggunakan Permainan Tradisional Terhadap Notivasi Dan Hasil Belajar Materi Gaya Di Kelas IV MIN N.

Burstiando, R., & Nurkholis, M. (2018). Permainan Invasi dan Permainan Netting untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Fundamental Siswa SD Negeri Se Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Sportif, 3(2), 167. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11892

Cameron, C. E., Brock, L. L., Murrah, W. M., Bell, L. H., Worzalla, S. L., Grissmer, D., & Morrison, F. J. (2012). Fine Motor Skills and Executive Function Both Contribute to Kindergarten Achievement. Child Development, 83(4), 1229–1244. http://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2012.01768.x

Dwipa, A. A. (2015). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Pada Siswa Putra Sekolah Dasar. Skripsi, 5.

Gustian, U., Supriatna, E., & Purnomo, E. (2019). Efektifitas modifikasi permainan tradisional dalam pengembangan physical literacy anak taman kanak-kanak. Jurnal Keolahragaan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jk.v7i1.22166

Gustiana, A. D. (2011). Pengaruh Permainan Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.Goodway, J. D., Ozmun, J. C., & Gallahue, D. L. (2019). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults. Jones & Bartlett Learning.

Goodway, J. D., Ozmun, J. C., & Gallahue, D. L. (2019). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults. Jones & Bartlett Learning.

Haerani, N. (2013). Membangun Karakter Melalui Permainan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 87–94. https://doi.org/10.2991/isphe-18.2018.57

Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60–73.

Leisman, G., Braun-Benjamin, O., & Melillo, R. (2014). Cognitive-motor interactions of the basal ganglia in development. Frontiers in Systems Neuroscience, 8(FEB). http://doi.org/10.3389/fnsys.2014.00016

Logan, S. W., Kipling Webster, E., Getchell, N., Pfeiffer, K. A., & Robinson, L. E. (2015). Relationship Between Fundamental Motor Skill Competence and Physical Activity During Childhood and Adolescence: A Systematic Review. Kinesiology Review, 4(4), 416–426. https://doi.org/10.1123/kr.2013-0012

Ma’mum, A., & Saputra, Y. M. (2000). Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Perkembangan Gerak Dan Belajar Gerak, 20.

Mehamad, M. F. Z. Bin, Abdullah, B. Bin, & Samsuddin, S. (2021). Differences in Gross Motor Development among Early School Children: Comparison on Team and Individual Sports. ACPES Journal of Physical Education, Sport, and Health (AJPESH), 1(1), 22–30. https://doi.org/10.15294/ajpesh.v1i1.46297

Nugrahastuti, E., Puspitaningtyas, E., Puspitasari, M., & Salimi, M. (2016). Nilai-Nilai Karakter pada Permainan Tradisional. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat, 265–273.

Sasmita, hartati yuli christina, & Itsna, R. (2016). Penerapan Permainan Tradisional terhadap Gerak Dasar Motorik Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Pada Siswa Kelas V SDN Margomulyo 1 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(2), 435–440.

Suhartini, S.-, & Jarwoko, J.-. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Pada Usia 5-6 Tahun Di Paud Tunas Mekar Plus Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(2), 55–68. https://doi.org/10.24903/jw.v1i2.183

Syahrial, B. (2015). Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. In Unp Press (Vol. 1).




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v11i1.2913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Amin Mulyanto, Norce Anita Kumaat, Advendi Kristiyandaru

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats