Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek dengan Menggunakan Permainan dan Media Pembelajaran

Ardingga Dhea Kurniasari, Bayu Budi Prakoso, Widi Ponco Utomo

Abstract


Observasi pada pembelajaran PJOK yang dilakukan oleh peneliti pada peserta didik kelas VI SDN Kapasari V / 296 Surabaya terbilang monoton dan berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan kurangnya pengetahuan dan keterampilan peserta didik khususnya pada materi lari jarak pendek, sehingga sangat diperlukan perhatian khusus yang perlu di terapkan pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan Penelitian tindakan kelas untuk mengetahui meningkat atau tidaknya hasil belajar peserta didik pada materi lari jarak pendek dengan menggunakan permainan dan media pembelajaran. Peserta didik kelas VI SDN Kapasari V Surabaya sebanyak 16 peserta didik (Pa : 11 dan Pi : 5). Hasil belajar pada aspek pengetahuan dengan menerapkan media gambar dapat menunjukkan rata – rata nilai yang di peroleh peserta didik pada siklus 1 yaitu mencapai nilai 70. Penerapan media pembelajaran berupa video yang diberikan pada siklus 2 mampu meningkatkan hasil belajar dengan memperoleh nilai rata – rata 80. Dan dengan menerapkan media pembelajaran  pada siklus 3 berupa Power Point mampu memperoleh nilai rata – rata 95. Sedangkan pada hasil belajar aspek keterampilan dengan menerapkan metode bermain, pada siklus 1 sebanyak 44% dari jumlah keseluruhan peserta didik mampu mencapai ketuntasan pada 3 aspek penilaian (start, lari dan finish). Pada siklus 2 hasil belajar menunjukan pada aspek start keberhasilan mencapai 69% dan 94% pada aspek lari dan finish. Pada siklus 3 keberhasilan peserta didik mencapai 100% pada seluruh aspek.


Keywords


Hasil Belajar; Permaian; Media Pembelajaran; Lari Jarak Pendek

References


Agustina, N. (2017). Mengukur Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik pada SMP Uswatun Hasanah Jakarta. Paradigma, 19(1), 61–68. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/article/download/1540/1310

Anggraeni, D., & Sutiyarsih, S. (2018). Peningkatan hasil belajar gerak dasar melempar melalui pendekatan bermain. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 14(1), 11–17. https://doi.org/10.21831/jpji.v14i1.21340

Asmi, A., Neldi, H., & Khairuddin. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Metode Bermain Pada Kelas VIII-4 Sekolah Menengah. Jurnal Menssana, 3. http://menssana.ppj.unp.ac.id/index.php/jm/article/view/64

Barokah. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Gerak Dasar Lari Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Karangtengah Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2019-2020. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66943

Hidayat, A. (2017). Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor Dan Manipulatif Menggunakan Model Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 21. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8175

Kurniasari, A. D. (2017). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan , Pekerjaan dan Pendapatan Orang Tua Dengan Status Gizi Pada Siswa SD Hangtuah 6 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(2), 163–170. https://core.ac.uk/download/pdf/230798664.pdf

Lim, C., Donovan, A. M., Harper, N. J., & Naylor, P. J. (2017). Nature elements and fundamental motor skill development opportunities at five elementary school districts in British Columbia. International Journal of Environmental Research and Public Health, 14(10). https://doi.org/10.3390/ijerph14101279

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta. Corresspondence: Mardiah Kalsum Nasution, Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta. E-mail. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–15. https://core.ac.uk/download/pdf/267962028.pdf

Nugroho, A. T. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Modifikasi Peraturan Permainan Dan Menggunakan Media Video Di Smk Negeri 1 Sedan Tahun Ajaran 2013/2014. E-Jurnal Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(12), 2239–2245. https://doaj.org/article/03d7afa1468b492284ba66bed1bf6035

Prasinto, B. R. (2022). Penggunaan Media PowerPoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran di SD N Cimpon Kelas II Tahun 2021 / 2022. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 2(3). https://media.neliti.com/media/publications/556384-penggunaan-media-powerpoint-untuk-mening-89a9d8ad.pdf

Rahdiyanta, D. (2014). Penelitian Tindakan Kelas (Pengertian, Prinsip, dan Karakteristik PTK). Makalah Seminar Penelitian, 2–9. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/23-penelitian-tindakan-kelas-pengertian-prinsip-karakteristik.pdf

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757

Satriani. (2016). Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton Ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). Jurnal Ilmiah Iqra’, 10. https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/590

Supryadi, P. E., Jampel, I. N., & Riastini, P. N. (2013). Penerapan Media Video Pembelajaran sebagai Aplikasi Pendekatan Contekstual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1492

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Ulfa, M. (2018). Maria Ulfa dan Saifuddin (2018). Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran, 30, 35–56. https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/6721

Widiastuti, W., & Pratiwi, E. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lari Jarak Pendek Melalui Pendekatan Bermain. Gladi Jurnal Ilmu Keolahragaan, 8(1), 49. https://doi.org/10.21009/gjik.081.04

Yendarman. (2016). Peningkatan Kemampuan Menetapkan KKM Dengan Diskusi Kelompok Kecil Bagi Guru Matematika SMKN 1, SMKN 4, SMK PGRI 2 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 16(3), 122–129. https://media.neliti.com/media/publications/225351-peningkatan-kemampuan-menetapkan-kkm-den-bdfe1101.pdf

Zaini, A. (2019). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v11i2.2973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ardingga Dhea Kurniasari, Bayu Budi Prakoso, Widi Ponco Utomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats