Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lempar Tangkap Bola Dengan Metode Bermain Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kapasari V Kota Surabaya

Liandro Wahyu Jati Prabowo, Bayu Budi Prakoso, Widi Ponco Utomo

Abstract


Penelitian ini merupakan salah satu bentuk penelitian tindakan kelas yang mendeskripsikan penggunaan metode bermain melempar dan menangkap bola dalam meningkatkan hasil belajar. Dalam penelitian ini terdapat tiga siklus di dalamnya. Terdapat 32 peserta didik kelas IV SDN Kapasari V di Surabaya dijadikan sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan metode analisis data naratif. Dalam penelitian ini terdapat berbagai permaian untuk meningkatkan hasil belajar. Pada siklus 1 terdapat permainan bola emas dan permaian memasukan bola dalam keranjang, pada siklus 2 terdapat permaian estafet bola dan permainan kucing-kucingan, dan pada siklus 3 terdapat permaianan lempar tangkap sambil berjalan dan permaianan bola tangan yang telah di modifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan mengunakan berbagai permaianan terdapat peningkatan pada lempar tangkap bola pada setiap siklus. Dalam pengetahuan di siklus 1 terdapat rata-rata 92,26 di siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 100. Pada hasil keterampilan siklus 1 terdapat nilai rata rata 64,45 lalu terjadi kenaikan di siklus 2 menjadi 77,82 dan di siklus 3 mengalami kenaikan menjadi 93,75. Hasil belajar lempar tangkap bola mengalami kenaikan pada setiap siklusnya.

 


Keywords


lempar tangkap; siswa; bermain

References


Agustina, N. (2017). Mengukur Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Pada Smp Uswatun Hasanah Jakarta. Maret 2017 AMIK BSI Jakarta Jl. RS. Fatmawati No, 19(1). https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/issue/archive/index.php/paradigma/article/view/1540

Ahlunnazar, Subagio, & Kurnia Taufik. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lempar Turbo Melalui Permainan Bola Berekor Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP Mataram. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/gelora/article/view/4190

Ashar, M. (2018). Model Pembelajaran PJOK melalui Aktivitas Bermain untuk Membangun Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar di Kabupaten Pasaman. JURNAL STAMINA, 1(1), 48-58. http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/7

Bell, L. M., & Aldridge, J. M. (2014). Student Voice, Teacher Action Research and Classroom Improvement. Sense Publishers.

Dwi Cahyanti, F., Hariyanto, E., Pendidikan Jasmani, J., dan Rekreasi, K., & Ilmu Keolahragaan, F. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Passing Atas Bolavoli Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Menggunakan Metode Bermain Untuk Siswa SMK. Sport Science and Health |, 3(3), 2021. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/indexhttp://fik.um.ac.id/

Hendri, G. (2020). Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Di SMAN 1 Padang Sago Padang Pariaman. Jurnal Patriot, 2(1), 171-181. patriot.ppj.unp.ac.id

Holis, A. (2017). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. www.journal.uniga.ac.id

Hutapea, R. P. (2020). Pengembangan Permainan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis DAP (Developmentally Appropriate Practice) Untuk Anak Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, UNIMED). http://digilib.unimed.ac.id/43325/

Ihsan, N., Pendidikan, P., Kesehatan, J., & Rekreasi, D. (2018). Pengaruh Metode Bermain Dan Metode Latihan Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes (Penjasorkes) (Vol. 5, Issue 2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PENJAKORA/article/view/17352

Imanuddin, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar PJOK Materi Permainan Bola Voli dengan Menggunakan Metode Bermain Berpasangan. TSAQOFAH, 2(5), 599-608.. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i5

Lim, C., Donovan, A. M., Harper, N. J., & Naylor, P. J. (2017). Nature elements and fundamental motor skill development opportunities at five elementary school districts in British Columbia. International Journal of Environmental Research and Public Health, 14(10). https://doi.org/10.3390/ijerph14101279

Mulyani, G. D., & Sumarno, G. (2017). Pengaruh Pengajaran Handball Like Games Terhadap Penguasaan Keterampilan Gerak Dasar Lempar Tangkap Dalam Pembelajaran Penjas Sekolah Dasar. In Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (Vol. 2, Issue 1). https://ejournal.upi.edu/index.php/penjas/article/view/912017-08

Mumuh, A. (2022). Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Bermain Bola Basket Melalui Penerapan Metode Bermain Lempar Tangkap Bola Tenis Di Kelas V Sdn Suntenjaya Kecamatan Tanjungsiang. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 5(02). https://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/issue/view/122

Musthofa, B., Subroto, T., & Budiana, D. (2016). The Implementation of Play Approach in Run Activity Learning. In Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (Vol. 1, Issue 1). https://ejournal.upi.edu/index.php/penjas/article/view/3663

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Vol. 03).

Wardika, N. (2019). Penerapan Permainan Tradisional untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar PJOK. Journal of Education Action Research, 3. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Proklamasi, I., Agus, A., & Nengah Sudjana, T. I. (2016). Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor Menggunakan Metode Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Kelas Iii C SDN Krian 3 Kabupaten Sidoarjo. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-jasmani/article/view/7502

Santoso, H., Susilawati, I., Moh, N., Atmaja, K., Mahasiswa, 3 1, Studi, P., Tahun, P., Dosen, 2, Melawi, S., & Dosen, 3. (2020). Upaya Meningkatkan Psikomotorik Siswa Pada Pembelajaran Bola Kasti Melalui Permainan Lempar Tangkap Bola Di Kelas IV SDN 2 Batu Buil (Vol. 7, Issue 1). jurnalstkipmelawi.ac.id

Soniawan, V., & Irawan, R. (2018). Metode Bermain Berpengaruh Terhadap Kemampuan Long Passing Sepakbola. Jurnal Performa Olahraga, 3(01), 42. https://doi.org/10.24036/jpo18019

Sumarta, I. Nyoman. (2019). Meningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Materi Permainan Kasti Melalui Pendekatan Bermain. Journal of Education Action Research, 3(3), 224–230. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/17373




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v11i2.2974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Liandro Wahyu Jati Prabowo, Bayu Budi Prakoso, Widi Ponco Utomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats