Upaya Peningkatan Hasil Belajar Guling Depan dengan menggunakan Kertas dan Permainan “Ninja Warior” sebagai Alat Bantu dalam Proses Pembelajaran
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mengenai materi senam lantai yaitu roll depan atau guling depan dengan menggunakan media kertas dan permainan ninja warior sebagai alat bantu dalam proses pembelajarannya. Penelitian merupakan PTK yang dilakukan melalui tiga siklus. Dalam tiap siklus terdapat satu kali pertemuan dengan durasi 105 menit. Subyek pada penilitian ini merupakan siswa kelas 5 SDN Kapasari V / 296 Surabaya berjumlah 30 peserta didik. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif naratif. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan bahwa menunjukkan peningkatan belajar guling depan dengan menggunakan kertas dan permainan sebagai alat bantu pembelajaran dapat meningkat. Selanjutnya berdasarkan analisis data diperoleh hasil dari masing – masing indikator, yang pertama yaitu sikap awalan 100%, indikator kedua yaitu saat melakukan gerakan guling depan dengan persentase 98%, dan indikator ke 3 yaitu sikap akhir dengan persentase 90%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adi, S. (2018). Bentuk-bentuk Dasar Senam.
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Bayu, W. I., & Andrianto, J. R. (2014). Profil Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Pada Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Jombang Tahun 2016. Bravo’s : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 5(1), 18. https://doi.org/10.32682/bravos.v5i1.442
Bayu, W. I., Suroto, & Maksum, A. (2013). Play-Based Learning to Enhance Critical Thinking Capabilities. Anima, 28(2), 96–103. https://www.researchgate.net/publication/303913388_Play-Based_Learning_to_Enhance_Critical_Thinking_Capabilities
Bell, L. M., & Aldridge, J. M. (2014). Student voice, teacher action research and classroom improvement. In Student Voice, Teacher Action Research and Classroom Improvement. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-776-6
Blegur, J., & Lumba, A. J. F. (2019). Improving Teaching Skills of the Prospective Physical Education Teachers through Drill Guide Method. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(2), 178–188. https://doi.org/10.17509/jpjo.v4i2.19171
Iyakrus, I. (2019). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7(2). https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8110
Kurniawan, R., & Suherman, A. (2015). Penerapan SEM ( Sport Education Model ) dalam Konteks Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1, 367–378. https://doi.org/10.31227/OSF.IO/VGUA7
Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67
Mashud, M. (2019). Analisis Masalah Guru Pjok Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2). https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5704
Mashud, M. (2020). The Effectiveness of Physical Education Learning in Elementary School Located in Wetland Environment. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 265. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13194
Milhah, M. (2022). Meningkatkan Keahlian Guru Dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (Kkm) Melalui Workshop Dan Supervisi Akademik Di Sd Negeri Delingseng. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 19. https://doi.org/10.56704/jirpm.v3i1.14162
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani. In Bandung: Alfabeta (Vol. 10).
Setiawan, A. (2019). Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran. In Book (Vol. 09, Issue 02). https://www.coursehero.com/file/52663366/Belajar-dan-Pembelajaran1-convertedpdf/
DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v11i2.2975
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Siti Amirohfatin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexing:
Office:
Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: [email protected]
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index