Upaya Peningkatan Hasil Belajar Guling Depan dengan menggunakan Kertas dan Permainan “Ninja Warior” sebagai Alat Bantu dalam Proses Pembelajaran

Siti Amirohfatin, Bayu Budi Prakoso, Widi Ponco Utomo

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mengenai materi senam lantai yaitu roll depan atau guling depan dengan menggunakan media kertas dan permainan ninja warior sebagai alat bantu dalam proses pembelajarannya. Penelitian merupakan PTK yang dilakukan melalui tiga siklus. Dalam tiap siklus terdapat satu kali pertemuan dengan durasi 105 menit. Subyek pada penilitian ini merupakan siswa kelas 5 SDN Kapasari V / 296 Surabaya berjumlah 30 peserta didik. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif naratif. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan bahwa menunjukkan peningkatan belajar guling depan dengan menggunakan kertas dan permainan sebagai alat bantu pembelajaran dapat meningkat. Selanjutnya berdasarkan analisis data diperoleh hasil dari masing – masing indikator, yang pertama yaitu sikap awalan 100%, indikator kedua yaitu saat melakukan gerakan guling depan dengan persentase 98%, dan indikator ke 3 yaitu sikap akhir dengan persentase 90%. 


Keywords


senam lantai; guling depan; permainan

References


Adi, S. (2018). Bentuk-bentuk Dasar Senam.

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Bayu, W. I., & Andrianto, J. R. (2014). Profil Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Pada Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Jombang Tahun 2016. Bravo’s : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 5(1), 18. https://doi.org/10.32682/bravos.v5i1.442

Bayu, W. I., Suroto, & Maksum, A. (2013). Play-Based Learning to Enhance Critical Thinking Capabilities. Anima, 28(2), 96–103. https://www.researchgate.net/publication/303913388_Play-Based_Learning_to_Enhance_Critical_Thinking_Capabilities

Bell, L. M., & Aldridge, J. M. (2014). Student voice, teacher action research and classroom improvement. In Student Voice, Teacher Action Research and Classroom Improvement. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-776-6

Blegur, J., & Lumba, A. J. F. (2019). Improving Teaching Skills of the Prospective Physical Education Teachers through Drill Guide Method. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(2), 178–188. https://doi.org/10.17509/jpjo.v4i2.19171

Iyakrus, I. (2019). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7(2). https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8110

Kurniawan, R., & Suherman, A. (2015). Penerapan SEM ( Sport Education Model ) dalam Konteks Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1, 367–378. https://doi.org/10.31227/OSF.IO/VGUA7

Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67

Mashud, M. (2019). Analisis Masalah Guru Pjok Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2). https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5704

Mashud, M. (2020). The Effectiveness of Physical Education Learning in Elementary School Located in Wetland Environment. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 265. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13194

Milhah, M. (2022). Meningkatkan Keahlian Guru Dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (Kkm) Melalui Workshop Dan Supervisi Akademik Di Sd Negeri Delingseng. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 19. https://doi.org/10.56704/jirpm.v3i1.14162

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani. In Bandung: Alfabeta (Vol. 10).

Setiawan, A. (2019). Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran. In Book (Vol. 09, Issue 02). https://www.coursehero.com/file/52663366/Belajar-dan-Pembelajaran1-convertedpdf/




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v11i2.2975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Amirohfatin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats