Pengembangan Alat Ukur Kebugaran Jasmani Berbasis Teknologi Switch untuk Mengukur Volume Oksigen Maksimum
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian siswa ketika mengikuti tes VO2Max meragukan keakuratan hasil pengukuran, serta guru PJOK kesulitan dalam menyesuaikan pengaturan jarak dan tanda dalam pelaksanaan tes tersebut. Penelitian bertujuan mengembangkan alat ukur kebugaran jasmani berbasis teknologi switch untuk mengukur VO2Max siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah model Tessmer, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan angket. Data dianalisis untuk mengetahui kualitas produk menggunakan analisis validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa produk yang dihasilkan berdasarkan saran dari ahli media, aplikasi dan materi. Produk telah diujicobakan pada skala kecil dengan 30 siswa, skala besar berjumlah 60 siswa, serta telah memenuhi uji validitas dari ahli media, aplikasi dan materi dalam kategori layak. Uji kepraktisan tergolong sangat praktis, dan uji efektivitas pada skala kecil dan besar dinyatakan efektif. Implikasi dari pengembangan produk ini dapat digunakan oleh siswa khususnya dan umumnya dunia olahraga sesuai dengan kebutuhan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bayu, W. I., Waluyo, Victorian, A. R., Ikhsan, A., & Apriyanto, Y. (2021). Instrumen Tes Kebugaran Jasmani untuk Anak Usia 10-12 Tahu. Jurnal Sporta Saintika, 6(1), 165–177. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/sporta.v6i2.186
Gumelar, M. I., Ray, H. R. D., & Ugelta, S. (2017). Pengembangan Software Aerobic Capacity dengan Menggunakan Bleep Test Berbasis Aplikasi Android. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 2(1), 25–28. https://doi.org/https://doi.org/10.1045/1549-700X/jtik/1/01219
Hadiono. (2019). Peningkatan VO2Max dan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani Menggunakan Metode Bleep Test. SATRIA Journal Of “Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis,” 2(1), 26–34. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.19305/js_satria.v5i2.12871
Iyakrus. (2016). Aerobic Endurance (VO2Max) Level of Physical Education Coed In Sriwijaya University. Proceedings of the 2nd SULE – IC, 607–616. https://doi.org/ttps://doi.org/10.36706/altius.v6i1.8217
Komarudin. (2016). Penilaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Remaja Rosdakarya.
Kusuma, D. W. C. W., & Sugyanto, H. (2020). Pengaruh Latihan Sirkuit Training Terhadap Peningkatan VO2Max Atlet Bola Basket Pada Ekstrakulikuler SMA Negeri 1 Pringgabaya. Lentera Pendidikan Indonesia, 1(1), 14–21. https://doi.org/https://doi.org/10.36515/lpi.v8i5.7301
Mardius, A., Siswara, M. R., Eriant, Astuti, Y., & Rosmawati. (2020). Sosialisasi Tes Kemampuan Daya Tahan Cardiovascular (VO2Max) dengan Menggunakan Audi Bleep Test Pada Perguruan Perisai Diri. Jurnal Widya Laksana, 9(2), 183–188. https://doi.org/https://doi.org/11.1177/1757-899X/434/1/012158
Millah, H., & Priana, A. (2020). Pengembangan Penghitungan Kapasitas Volume Oksigen Maksimal (VO2Max) Menggunakan Tes Lari 2,4 KM Berbasis Aplikasi Android. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(2), 156–169. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jpjo.v3i2.1081
Permana, A. A. J. (2018). Pengembangan Lab Komputer Sederhana Berbasis Jaringan Multipoint Menggunakan Switch Sebagai Sarana Penunjang Proses Pembelajaran. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 3(2), 51–57. https://doi.org/https://doi.org/10.60805/janapati.x0i9.8711
Pramdhan, K., Schiff, N. T., & Anggaedi, R. (2021). Uji Validitas dan Realibilitas Tes Vo2max Pemain Sepakbola U-18. Journal of Physical and Outdoor Education, 3(1), 101–108. https://doi.org/https://doi.org/10.69755/jpoevj9i1.8119
Prasetyaningsih, S., & Kussyairi, A. (2021). Sistem Switch Monitoring Berbasis Web. Jurnal Integrasi, 13(2), 142–146. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26877/j.integrasiv7i0.7018
Purba, S., Her, Z., & Hasibuan, R. (2020). Pengembangan Alat Instrumen Blep Test Dengan Menggunakan Sensor Laser Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 19(2), 188–195. https://doi.org/https://doi.org/10.59403/jik.v1t2.8305
Purwanto, M. N. (2012). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.
Rezki, Darwis, Z., & Melati, S. (2020). VO2Max Klub Sepakbola Garuda Muda Kecamatan Kuok. Journal of Sport Education (JOPE), 2(2), 79–86. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jope.2.2.79-86
Rosti. (2022). Latihan Kemampuan Daya Tahan Jantung dan Paru-paru. Eureka Media Aksara.
Rusdiana, A., Imanudin, I., Syahid, A. M., & Wibowo, R. (2019). Vo2max Measurement Using Bleep Test with Infrared Sensor. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 27–31. https://doi.org/DOI : 10.17509/jpjo.v3i2.12640
Rusdiana, A., Wirawan, O., Ronald, H., Hadi, Guntur, Komarudin, Darmadi, D., Ardha, M. A. Al, Wicaksono, A., Fitrianto, N., Nurulfa, R., Rochmani, K. W., Taufik, M., & Zamil, A. (2022). Pedoman Pelaksanaan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara. Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.
Wicaksono, A., & Handoko, W. (2020). Aktivitas Fisik dan Kesehatan. IAIN Pontianak Press.
DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v11i2.2991
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Romy Yudhistira, Iyakrus, Wahyu Indra Bayu, Meirizal Usra, Herri Yusfi, Arizky Ramadhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexing:
Office:
Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: [email protected]
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index