PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOMPAT DENGAN RINTANGAN DAN MERAIH SASARAN DIATAS TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DI MTs SAYID ABDURRAHMAN PAGERWOJO PERAK JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Tito Yudiawan Lutwianto

Abstract


Penelitian ini membahas perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Lompat Dengan Rintangan Dan Meraih Sasaran Diatas terhadap kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok di MTs Sayid Abdurrahman Pagerwojo. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Sayid Abdurrahman Pagerwojo dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling lalu di bentuk menjadi dua kelompok yaitu kelompok 1 (X 1) Lompat Dengan Rintangan kelompok 2 (X 2) Lompat Meraih Sasaran Diatas. Untuk menganalisis data yaitu dengan menggunakan uji - t (uji beda) dengan pengolahan datanya memakai SPSS for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata yang diperoleh dari model pembelajaran lompat jauh yang menggunakan Lompat Dengan Rintangan sebesar 368,90 cm sedangkan dengan menggunakan model pembelajaran Lompat Meraih Sasaran sebesar 353,15 cm diperoleh juga nilai probabilitas (p) < taraf signifikan  (α) yang ditetapkan, dengan keterangan angka 0,01 < 0,05 maka Hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Lompat Dengan Rintangan Dan Meraih Sasaran Diatas terhadap kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok pada siswa putra kelas IX mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan MTs Sayid Abdurrahman Pagerwojo.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v1i2.303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Jasmani & Kesehatan



Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats