UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLAVOLI MENGGUNAKAN MODEL PPEMBELAJARAN AKTIF, INOVITIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN

Puguh Satya Hasmara

Abstract


Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli dengan menerapkan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan(PAIKEM) pada siswa kelas X Keperawatan SMK Hayam Wuruk Mojokerto.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian ini adalah siswa kelas XKeperawatan SMK Hayam Wuruk Mojokerto dengan jumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar keterampilan. Disini dapat dilihat peningkatan hasil belajar siswa dari mulai pre-siklus kemudian dilanjut dengan siklus I dan II. Dari hasil analisa data diketahui bahwa, hasil persentase ketuntasan belajar secara klasikal siswa pada saat pre-siklus 46,7%. Hasil belajar siklus I pada ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 70%. Masuk ke siklus II ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 90%.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) mampu meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas X Keperawatan SMK Hayam Wuruk Mojokerto 2016/2017.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v5i4.633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)



Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats