PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI

Sunarti Sunarti

Abstract


Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran student learning dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pelajaran Pendidikan Jasmani. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 61,80% pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 68,15% dan siklus 3 mencapai 77,88%, dan secara klasikal telah mencapai ketuntasan.Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan Model pembelajaran student learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VI dengan ketuntasan mencapai 100%, dengan demikian penerapan Model pembelajaran student learning efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pelajaran pendidikan jasmani di SDN 3 Sukonatar Kec. Srono.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v6i3.858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats