PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BLAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SDN 3 SINGOTRUNAN BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2014-2015
Abstract
Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Strategi pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil.
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatkan prestasi belajar siswa pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaning.
Dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 54,5 % pada siklus I, dapat meningkat menjadi 69,5% pada siklus II, dan siklus ke III 85 %.
Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran student facilitator and explaning dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan ketuntasan mencapai 100 %.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto,Suharsimi.2007 Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Remaja Rosdakarya.
Arif Yulianto, SE.Msi. IPS. Untuk SD Pusat Perbukuan .
Aqib, Z. (2003) Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan
Cendikiawan.
Depdiknas RI 2003.Undang Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta :
Depdiknas.
Endrastuti. Dra.Buana Ilmu Pengetahuan Sosial . Yudisthira .
Endang Susilaningsih, IPS Kelas 5 untuk SD/ MI Pusat Perbukuan Aneka Ilmu.
Kusmono, dkk. (2008) Ilmu Pengetahuan Solsial SD Kelas V . Jakarta: Smart
Education.
Mustoha Amin, dkk (2008) Senang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial lSD Kelas
V . Jakarta: Smart Education.
Sumantri Mulyani. (2008) Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Pusat Penerbit
Universitas Terbuka.
Supreyeti, Dra, M.Pd, dkk. (2006) Pembaharuan Pembelajaran di SD. Jakarta:
Pusat Penerbit Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.32682/jsn.v1i1.1428
Refbacks
- There are currently no refbacks.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/