Pengaruh Pembelajaran Variasi dan Kombinasi Aktivitas Bermain Bolavoli Terhadap Kemampuan Melakukan Passing Atas, Bawah dan Servis Atas Bolavoli Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 5 Jombang

Mohammad Zaim Zen, Achmed Zoki

Abstract


Perencanaan atau program pembelajaran akan mempermudah proses belajar mengajar lebih bermakna, maka diharapkan dengan pembelajaran variasi dan kombinasi aktivitas bermain bolavoli dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan passing atas, bawah dan servis atas bolavoli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran variasi dan kombinasi aktivitas bermain bolavoli terhadap kemampuan melakukan passing atas, bawah dan servis atas bolavoli. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan yang digunakan adalah one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X sebanyak 70 siswa, pengumpulan data melalui tes kemampuan melakukan passing atas, bawah dan servis atas bolavoli dan observasi pada variabel kemampuan melakukan passing atas, bawah dan servis atas bolavoli, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik t-test paried dengan standart signifikan (α = 0,05). Hasil penelitian didapatkan hasil kemampuan melakukan passing atas, bawah dan servis atas bolavoli belajar passing atas bolavoli sebelum pemberian pembelajaran aktivitas bermain bolavoli didapatkan nilai mean (59,21), sedangkan sesudah pemberian pembelajaran aktivitas bermain bolavoli didapatkan nilai mean (76,29). Berdasarkan dari uji statistik t-test paried diperoleh nilai thitung (11,697) lebih besar dari ttabel (2,032) maka H0 ditolak yang berarti ada pengaruh pembelajaran variasi dan kombinasi aktivitas bermain bolavoli terhadap kemampuan melakukan passing atas, bawah dan servis atas bolavoli pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 5 Jombang, maka sebaiknya pembelajaran variasi dan kombinasi aktivitas bermain bolavoli dapat diterapkan, sehingga kemampuannya dapat diperoleh secara optimal. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.