Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Pembelajaran Segiempat

Idayanti Titik, Ama Noor Fikrati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Megaluh dan kurangnya antusias siswa untuk belajar. Salah satu usaha dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melalui perbaikan proses pembelajaran. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada pengajaran materi segiempat. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dalam mengajarkan materi pokok segiempat di SMPN 1 Megaluh. Keefektifan pembelajaran dalam penelitian ini dilihat melalui 3 indikator, yakni: aktivitas siswa, ketuntasan belajar secara klasikal, dan respon siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai data yang diperoleh dan dianalisis dengan menggunakan statistik sederhana. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMPN 1 Megaluh tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa: lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes, dan angket respon siswa. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: aktivitas siswa dalam pembelajaran untuk setiap aspek berada pada kategori aktif atau sangat aktif, ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 78,57%, dan respon siswa tergolong positif terhadap setiap aspek yang ditanyakan yakni lebih dari 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay efektif untuk mengajarkan materi pokok segiempat di SMPN 1 Megaluh

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.