Penilaian Alternatif “Tes Superitem” dalam Pemecahan Masalah Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Matematika

Fatchiyah Rahman, Ama Noor Fikrati

Abstract


Penilaian berperan penting dalam mengetahui kemajuan siswa dalam belajar sehingga perlu adanya perbaikan dalam memberikan informasi yang berguna dalam perubahan pembelajaran. Penilaian alternatif „tes superitem‟ dianggap lebih baik dalam memberikan gambaran yang lengkap kepada guru tentang pemahaman siswa terhadap materi pelajaran matematika. Tes superitem adalah tes yang dikembangkan berdasarkan taksonomi SOLO yang digunakan untuk
memantau perkembangan kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level penilaian alternatif „tes superitem‟ dalam pemecahan masalah perbandingan berdasarkan kemampuan matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah 3 siswa yang mewakili kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Peneliti sebagai instrumen utama dan instrumen pendukung berupa lembar soal tes dan pedoman wawancara. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan metode tes dan wawancara. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh gambaran penilaian alternatif „tes superitem‟ pada subjek MW (kemampuan matematika tinggi) mencapai level unistructural-abstract, pada subjek DP (kemampuan matematika sedang) mencapai level unistructural-relational, sedangkan pada subjek S (kemampuan matematika rendah) hanya mencapai level unistructural. Hasil penelitian ini memberikan gambaran betapa pentingnya penilaian alternatif „tes superitem‟ dalam pemecahan masalah perbandingan berdasarkan kemampuan matematika.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.