PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA STKIP PGRI JOMBANG

Shanti Nugroho Sulistyowati, Cahyo Tri Atmojo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pre experimental design, menggunakan desain one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa angkatan 2013 program studi pendidikan ekonomi yang terdiri dari tiga kelas, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas (2013C) sebanyak 50 mahasiswa. Berdasarkan hasil output SPSS. 17, dapat dijelaskan bahwa nilai probabilitas atau sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, berdasarkan nilai t-hitung dan t-tabel dapat dilihat bahwa nilai t-hitung 11,212 lebih besar dari pada t-tabel 1,67655 maka terdapat perbedaan hasil belajar pada data pre test dan pos test yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar mahasiswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.