EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEMPAR LEMBING DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SMPK PETRA JOMBANG

Mecca Puspitaningsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif  modifikasi peralatan pembelajaran

lempar lembing dengan penggunaan tongkat kertas bekas pembatas kain. Jenis dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Pada penelitian ini menggunakan subjek populasi seluruh siswa kelas VII SMPKr Petra Jombang yang berjumlah 35 siswa. Seluruh siswa diberi perlakuan yang sama yaitu menggunakan modifikasi tongkat kertas bekas pembungkus kain pada saat pembelajaran lempar lembing.

Dari hasil penelitian didapatkan Aspek Awalan pada siklus pertama mencapai 55% putra, dan

30%  untuk  putri,  sedangkan pada  siklus  kedua  putra  mencapai 85%  dan  putri  70%.  Ada kenaikan 30% untuk putra dan ada lonjakan kenaikan 40% untuk putri, dan rata-rata ketuntasan belajar untuk aspek Awalan mencapai 94,5% putra dan putri mencapai 75%. Aspek Cara Melempar pada siklus pertama mencapai 60% putra, dan 40% untuk putri, sedangkan pada siklus kedua putra mencapai 90% dan putri 75%. Ada kenaikan 30% untuk putra dan ada lonjakan kenaikan 35% untuk putri. Aspek Sikap Akhir pada siklus pertama mencapai 70% putra, dan 65% untuk putri, sedangkan pada siklus kedua putra mencapai 90% dan putri 80%. Ada kenaikan 20% untuk putra dan ada lonjakan kenaikan 15% untuk putri, dan rata-rata ketuntasan belajar untuk aspek awalan mencapai 85% putra dan putri mencapai 72,5%.

 

Kata kunci: Pendidikan jasmani, efektivitas pembelajaran, lempar lembing

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.