MENGGALI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM CERITA BABAD KEBO KICAK KARANG KEJAMBON DI KABUPATEN JOMBANG

Anton Wahyudi, Banu Wicaksono

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang berkembang di masyarakat tentang cerita Kebo Kicak Karang Kejambon yang dianggap sebagai cerita lisan yang sakral serta dianggap sebagai embrio asal-muasal lahirnya Kabupaten Jombang. Cerita lisan yang muncul dan berkembang di masyarakat yang sarat dengan nilai-nilai kearifan lokal di dalamnya. Penelitian ini membahas tiga hal yang berkaitan dengan kearifan lokal dalam sebuah cerita, antara lain (1) pengetahuan lokal, (2)
kepercayaan lokal, dan (3) adat istiadat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengetahuan lokal dalam cerita dapat digolongkan menjadi dua hal, yakni pengetahuan lokal tentang hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan dan pengetahuan lokal tentang identitas sosiokultural kelompok masyarakat. Sedangkan, kepercayaan lokal dalam cerita berisi tentang kepercayaan lokal tentang ajaran pencarian jati diri, kepercayaan
lokal tentang khasiat pusaka, dan kepercayaan lokal tentang kesaktian ilmu kanuragan. Dan, adat istiadat yang ditemukan dalam cerita berisi tentang adat istiadat yang berhubungan dengan etika dan moral, adat istiadat suku Jawa dalam hubungan kekerabatan, dan adat istiadat dalam lingkungan kerajaan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.