PROGRAM POJOK BACA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA MELALUI GLS (GERAKAN LITERASI SEKOLAH

Kiswati .

Abstract


Membaca merupakan suatu aktifitas dimana pembaca berupaya untuk menangkap gagasan dari penulis, mengevaluasi isi bacaan, serta memahami isi dari bacaan. Sedangkan minat adalah dorongan atau keinginan untuk melakukan sesuatu yang disukai. Jadi dapat disimpulkan bahwa minat baca merupakan keinginan atau ketertarikan siswa terhadap suatu bacaan. Berbagai sumber menyatakan bahwa minat baca bangsa Indonesia masih tergolong rendah. GLS (Gerakan Literasi Sekolah) merupakan suatu terobosan yang dituangkan dalam peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 tahun 2015. Kegiatan ini dilaksanakan guna menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan ketrampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik. Di MAN 5 Jombang Gerakan Literasi Sekolah dilaksanakan melalui program Pojok Baca. Penelitian pada artikel ini berjenis Deskriptif Kuantitatif yang mencoba menggali data tentang pelaksanaan Program Pojok Baca sebagai upaya meningkatkan minat baca siswa melalui GLS di kelas X dan XI. Responden dari penelitian ini diambil random, 10% dari seluruh siswa kelas X dan XI. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa Program Pojok Baca melalui GLS terbukti dapat meningkatkan minat baca dan intensitas membaca siswa MAN 5 Jombang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.