TECHNOLOGY AND LITERATURE: THE DUO (CONTRADICTIVE) DINAMIC IN RISING CLASSROOM LITERACY

Zulidyana Dwi Rusnalasari, Retno Danu Rusmawati, Fitri Rofiyarti

Abstract


Teknologi dan sastra adalah dua komponen dasar dalam meningkatkan kompetensi literasi di kelas. Penelitian ini membahas bagaimana sastra berbagi peran yang paling sulit bagi siswa untuk meningkatkan literasi digital mereka. Siswa cenderung mengabaikan teks panjang seperti novel dan cerita pendek, sementara mereka ingin membaca teks dan tweet di media sosial mereka. Fakta ini membuat fenomena yang paradoks. Siswa suka membaca dan senang berbagi sesuatu, tetapi tidak ingin membaca teks. Studi ini menjelaskan bagaimana teknologi juga pengaruh untuk membuat siswa membaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dalam studi lapangan dengan mewawancarai siswa dan menganalisis hasil untuk menarik kesimpulan. Dari data yang diperoleh, menunjukkan bahwa ada kontradiksi antara rentang waktu penggunaan teknologi (internet) yang digunakan dengan rentang bacaan yang mereka baca. Studi ini akan menjadi dasar bagi para guru untuk mengelola teks pustaka menjadi teks yang ramah teknologi, sehingga siswa akan menikmati teks pustaka sambil menggunakan teknologi (internet).

 

Kata Kunci: technologi, literasi, literatur

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.