PENGARUH PEMBELAJARAN PPKn DENGANMODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI JOMBANG

Ulil Istibsyaroh, Rr. Agung Kesna Mahatmaharti, Siyono .

Abstract


Upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, peneliti mencoba menggunakan Pembelajaran PPKn dengan model role playing. Model pembelajaran tersebut merupakan salah satu model yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar belajar peserta didik melalui peran-peran dan kerja kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh pembelajaran PPKn dengan model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian tersebut adalah seluruh peserta didik kelas X MA Al-Muhajirin tahun pelajaran 2015-2016. Untuk pengambilan sampel adalah seluruh peserta didik kelas X-A sebanyak 32 peserta didik. Dalam penelitian ini menggunakan soal tes melaui materi Pertahanan dan Keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai testkemudian soal tes tersebut dibagikan sebelum (pre-test) dan sesudah (pos-test) melaksanakan pembelajaran PPKn dengan model Role Playing. Sesudah data terkumpul semua kemudian dianalisis menggunakan rumus One Group Desaign. Hasil Uji Paired Samples Test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Dasar pengambilan keputusan adalah terima jika Sig. (2-tailed)  dan tolak  jika Sig. (2-tailed)  dimana . Karena nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 berarti 0,000  0,05 atau didapat nilai thitung  sebesar 12.923 dan sig. sebesar 0,000. Karena thitung lebih besar dari ttabel  (df=2,04) dan sig.lebih kecil dari 0,05maka  ditolak dengan kata lain  diterima. Maka terbukti ada pengaruh pembelajaran PPKn dengan model role playing terhadap hasil belajar.

              Kata Kunci : Role Playing dan Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.