DAMPAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) BERBASIS KARAKTER GURU PPKN DI SMKN 1 MOJOAGUNG
Abstract
Desain pembelajaran di Indonesia sebagain besar menitikberatkan pada ranah kognitif, peserta didik memiliki nilai akademis yang tinggi tetapi kurang menghormati guru, nilai-nilai karakter tanggung jawab, kerjasama, disiplin semakin luntur. Masyarakat menuntut dan menganggap penting nilai dan sikap yang baik dari output sekolah. Salah satu upaya guru untuk mengatasi masalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament (TGT) dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui permasalahan pembelajaran mata pelajaran PPKn, (2) untuk mengetahui dampak penerapan model pembelajaran kooperatif Time Game Tournament (TGT) guru PPKn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis studi kasus, metode pengumpulan data dengan triangulasi sumber antaralain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah guru, peserta didik kelas XII Akutansi (Ak) 1 SMKN 1 Mojoagung Jombang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) permasalahan pembelajaran mata pelajaran PPKn adalah peserta didik menganganggap mata pelajaran PPKn sebagai mata pelajaran yang membosankan dan tidak menyenangkan, proses belajar dan pembelajaran di kelas tidak kondusif, peserta didik pasif, motivasi kurang, materi pembelajaran berbasis konsep teori PPKn, dan hasil belajar peserta didik kurang optimal, (2) dampak penerapan model pembelajaran kooperatif Time Game Tournament (TGT) dengan mengintegrasikan nila-nilai karakter adalah belajar peserta didik menjadi lebih fokus, variatif, aktif, kreatif, semangat; proses pembelajaran guru interaktif edukatif, menyenangkan, nyaman, kondusif dan menguatkan nilai-nilai karakter tanggung jawab, jujur, kerja sama dan persaingan sehat.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Team Game Tournament (TGT), karakterFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.