THE EFFECTIVENESS OF USING COLLABORATIVE STORYTELLING GAME IN TEACHING SPEAKING

Faidza Saskia Putri, Ima Chusnul Chotimah

Abstract


Kemampuan berbicara adalah salah satu kecakapan yang harus dimiliki oleh setiap orang. Saat ini, banyak kegiatan yang dimiliki oleh siswa untuk mengasah kemampuannya dalam berbahasa Inggris tetapi sebagian dari mereka masih memilki kekurangan saat berbicara menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, guru harus memberikan arahan kepada siswa untuk belajar bahasa Inggris  dengan  cara  kegiatan  yang  menyenangkan  dan  menarik  bagi  siswa sehingga mereka termotivasi untuk belajar lebih giat. Collaborative Storytelling adalah salah satu game yang direkomendasikan untuk diterapkan pada kegiatan belajar mengajar. Peneliti telah mengguji cobakan permainan Collaborative Storytelling pada kegiatan belajar mengajar di kelas 8 MTsN Tambak Beras Jombang. Penelitian  ini menggunakan  model  quasi  eksperimental  khususnya non randomized. Peneliti menyelesaikan beberapa langkah untuk memperoleh data, seperti kegiatan pre – test dan post – test. Hasil dari penelitian ini dianalisis menggunakan ANCOVA. Setelah dianalisis, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa F value lebih besar daripada F table 4.177>1.72 dan signifikan value lebih kecil daripada signifikan level 0.04<0.05. Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa permainan Collaborative Storytelling efektif saat digunakan untuk mengajar kemampuan berbicara pada siswa kelas 8 MTsN Tambak Beras Jombang.

    Kata Kunci :  Keefektivan, Collaborative Storytelling, Pengajaran Kemampuan Berbicara

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.