THE EFFECTIVENESS OF USING COLLABORATIVE STORYTELLING GAME IN TEACHING SPEAKING
Abstract
Kemampuan berbicara adalah salah satu kecakapan yang harus dimiliki oleh setiap orang. Saat ini, banyak kegiatan yang dimiliki oleh siswa untuk mengasah kemampuannya dalam berbahasa Inggris tetapi sebagian dari mereka masih memilki kekurangan saat berbicara menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, guru harus memberikan arahan kepada siswa untuk belajar bahasa Inggris dengan cara kegiatan yang menyenangkan dan menarik bagi siswa sehingga mereka termotivasi untuk belajar lebih giat. Collaborative Storytelling adalah salah satu game yang direkomendasikan untuk diterapkan pada kegiatan belajar mengajar. Peneliti telah mengguji cobakan permainan Collaborative Storytelling pada kegiatan belajar mengajar di kelas 8 MTsN Tambak Beras Jombang. Penelitian ini menggunakan model quasi eksperimental khususnya non randomized. Peneliti menyelesaikan beberapa langkah untuk memperoleh data, seperti kegiatan pre – test dan post – test. Hasil dari penelitian ini dianalisis menggunakan ANCOVA. Setelah dianalisis, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa F value lebih besar daripada F table 4.177>1.72 dan signifikan value lebih kecil daripada signifikan level 0.04<0.05. Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa permainan Collaborative Storytelling efektif saat digunakan untuk mengajar kemampuan berbicara pada siswa kelas 8 MTsN Tambak Beras Jombang.
Kata Kunci : Keefektivan, Collaborative Storytelling, Pengajaran Kemampuan BerbicaraFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.