Konstruksi Pembelajaran Berbasis KarakterSebagai Upaya Mengembangkan Karakter Disiplin di Perguruan Tinggi
Abstract
Adanya degradasi moral menghendaki pendidikan sebagai solusi dalam membentuk karakter, Dosen berkewajiban mengkontruksi pembelajaran yang mencakup intelektual dan kepribadian mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontruksi pembelajaran berbasis karakter, strategi pengembangan karakter disiplin, dan dampak hasil pembelajaran. Pendekatan penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan rancangan studi kasus. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan kontruksi pembelajaran berbasis karakter adalah pada rancangan, proses, dan penilaian pembelajaran dintegrasikan dengan nilai-nilai karakter, strategi pengembangan karakter disiplin adalah proses internalisasi dan sosialisasi melalui pembiasaan dan penciptaan suasana kondusif di dalam dan di luar kelas, dampak hasil pembelajaran adalah tahapan pembelajaran terdapat aturan main, kiteria tugas, bahan ajar, model pembelajaran, dan evaluasi yang sangat jelas, dampak hasil pembelajaran bagi mahasiswa muncul karakter disiplin, mahasiswa dapat memelihara hubungan yang peduli, saling menghormati, mendukung, dan kolaboratif antara mahasiswa dan dosen. Mahasiswa memiliki tingkat akademik dan perilaku disiplin yang tinggi dan menganggap kontruksi pembelajaran sebagai hal yang jelas, adil, dan membangun kepercayan pada diri sendiri.
Kata Kunci: Konstruksi pembelajaran, karakter disiplin, perguruan tinggi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.