Konstruksi Pembelajaran Berbasis KarakterSebagai Upaya Mengembangkan Karakter Disiplin di Perguruan Tinggi

Dra. Diah Puji Nali Brata, M.Si, Winardi .

Abstract


Adanya  degradasi  moral  menghendaki  pendidikan  sebagai  solusi  dalam  membentuk karakter, Dosen berkewajiban mengkontruksi pembelajaran yang mencakup intelektual dan kepribadian mahasiswa.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan kontruksi pembelajaran  berbasis  karakter,  strategi  pengembangan  karakter  disiplin,  dan  dampak hasil  pembelajaran. Pendekatan  penelitian  adalah  kualitatif  deskriptif  dengan  rancangan studi kasus. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode.  Hasil  penelitian  menunjukkan kontruksi pembelajaran  berbasis  karakter  adalah pada  rancangan,  proses,  dan    penilaian    pembelajaran dintegrasikan  dengan  nilai-nilai karakter, strategi  pengembangan  karakter  disiplin  adalah proses  internalisasi  dan sosialisasi  melalui  pembiasaan  dan  penciptaan  suasana  kondusif  di  dalam  dan  di  luar kelas,  dampak  hasil  pembelajaran  adalah tahapan pembelajaran terdapat  aturan  main, kiteria  tugas,  bahan  ajar,  model  pembelajaran,  dan  evaluasi  yang  sangat  jelas,  dampak hasil  pembelajaran  bagi  mahasiswa muncul  karakter disiplin, mahasiswa  dapat memelihara  hubungan  yang  peduli,  saling  menghormati,  mendukung,  dan  kolaboratif antara mahasiswa dan dosen. Mahasiswa memiliki tingkat akademik dan perilaku disiplin yang  tinggi  dan menganggap  kontruksi  pembelajaran  sebagai  hal  yang  jelas,  adil,  dan membangun kepercayan pada diri sendiri.

Kata Kunci: Konstruksi pembelajaran, karakter disiplin, perguruan tinggi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.