The Use of Movie Trailers in Teaching Narrative Texts

Umi Halimatus Saidah, Aang Fatihul Islam

Abstract


Penelitian ini menggunakan cuplikan film sebagai media pembelajaran dalam mata kuliah Writing  1  mahasiswa  angkatan  2016-A  STKIP  PGRI  Jombang.  Cuplikan  film  memiliki fitur-fitur spesial yaitu peran, pengisi suara, musik, dan daftar pemeran.Dengan fitur-fitur tersebut,  cuplikan  film  diharapkan  mampu  membantu  mahasiwa  untuk  memperoleh gambaran  detail  tentang  tema,  karakter,  latar,  alur,  konflik,  serta  solusi  dalam mengembangkan  sebuah  teks  naratif.  Desain  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan kelas. Penelitian dibagi ke dalam dua siklus, dimana pada masing-masing siklus memiliki empat  tahapan  menulis  yaitupertamapramenulis,  kedua  draft,  ketiga  menyunting,  dan keempat  revisi.  Waktu  yang  dialokasikan  untuk  setiap  tahap  adalah  satu  kali  pertemuan yakni  2  x  50  menit.  Jadi  kedua  siklus  diselesaikan  dalam  delapan  kali  pertemuan.  Studi pendahuluan dilakukan sebelum penelitian dilaksanakan.Berdasarkan data yang diperoleh, penelitian  ini  dikategorikan  berhasil.  Nilai  rata-rata  yang  diperoleh  saat  studi pendahuluan adalah 74,67. Nilai tersebut naik menjadi 78,31 pada siklus 1. Pada siklus 2, nilai  rata-rata  yang  diperoleh  naik  lagi  menjadi  80.24.  Berdasarkan  hasil  tersebut, penggunaan  cuplikan  film  sangat  dianjurkan  dalam  kelas  bahasa  Inggris  untuk meningkatkan kemahiran bahasa, terutama dalam menulis teks naratif.

Kata kunci: Cuplikan film, penelitian tindakan kelas, teks naratif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.