The Use of Movie Trailers in Teaching Narrative Texts
Abstract
Penelitian ini menggunakan cuplikan film sebagai media pembelajaran dalam mata kuliah Writing 1 mahasiswa angkatan 2016-A STKIP PGRI Jombang. Cuplikan film memiliki fitur-fitur spesial yaitu peran, pengisi suara, musik, dan daftar pemeran.Dengan fitur-fitur tersebut, cuplikan film diharapkan mampu membantu mahasiwa untuk memperoleh gambaran detail tentang tema, karakter, latar, alur, konflik, serta solusi dalam mengembangkan sebuah teks naratif. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dibagi ke dalam dua siklus, dimana pada masing-masing siklus memiliki empat tahapan menulis yaitupertamapramenulis, kedua draft, ketiga menyunting, dan keempat revisi. Waktu yang dialokasikan untuk setiap tahap adalah satu kali pertemuan yakni 2 x 50 menit. Jadi kedua siklus diselesaikan dalam delapan kali pertemuan. Studi pendahuluan dilakukan sebelum penelitian dilaksanakan.Berdasarkan data yang diperoleh, penelitian ini dikategorikan berhasil. Nilai rata-rata yang diperoleh saat studi pendahuluan adalah 74,67. Nilai tersebut naik menjadi 78,31 pada siklus 1. Pada siklus 2, nilai rata-rata yang diperoleh naik lagi menjadi 80.24. Berdasarkan hasil tersebut, penggunaan cuplikan film sangat dianjurkan dalam kelas bahasa Inggris untuk meningkatkan kemahiran bahasa, terutama dalam menulis teks naratif.
Kata kunci: Cuplikan film, penelitian tindakan kelas, teks naratif
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.