The Effectiveness of Teaching Vocabulary By Using Word Wall On Vocabulary Mastery
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pengajaran kosa kata menggunakan word wall pada penguasaan kosa kata siswa sekolah dasar. Peneliti menggunakaan desain kuasi- eksperimental sebagai desain penelitian. Kelompok eksperimental yang diajarkan menggunakan media word wall sedangkan kelompok kontrol yang tidak diajarkan menggunakan media word wall.Tes awal dan tes akhir adalah instrumen ysng digunakan dalam penelitian ini. Data dianalisis dengan menggunakan Independent Sample T- Test.Hasil dari analisis data dari kelompok eksperimental dan kontrol mengindikasikan hasil dari Sig. (2- tailed) 0.000 lebih rendah daripada nilai alfa 0,05. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak, yang berarti alternatif hipotesis (Ha) diterima. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam penguasaan kosa kata antara siswa yang diajarkan menggunakan media word wall dan yang tidak diajarkan menggunakan media word wall. Nilai rata- rata dari kelompok eksperimental adalah 86.57 sedangkan nilai rata- rata dari kelompok kontrol adalah 69.22. Peneliti menyimpulkan bahwa pengajaran kosa kata menggunakan word wall pada penguasaan kosa kata siswa sekolah dasar adalah efektif.
Kata Kunci: Efektivitas, Kosa kata, Word wall
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.