Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatan Hasil Belajar MatematikaSiswa Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Cermenan Ngoro Tahun Pelajaran 2016/2017

Gita Wariati, Umi Noer Qomariyah

Abstract


Berdasarkan  observasi  awal  yang  dilakukan  peneliti  di  kelas  VIII  MTs  Miftahul  Ulum Cermenan  didapatkan  nilai  ulangan  harian  siswa  sebanyak  16  siswa  yang  nilainya memenuhi Kriteria  Ketuntasan  Minimal  (KKM)  sedangkan  12  siswa  lainnya  belum memenuhi  KKM,  sehingga  dibutuhkan  solusi  untuk  mengatasi  permasalahan  tersebut alternatif permasalahan digunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) yaitu model pembelajaran yang mengungkapkan pengalaman dan kejadian yang dekat  dengan  siswa  sebagai  sarana  untuk  memahamkan  persoalan  matematika. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  peningkatan  aktivitas  guru  dalam  mengelola pembelajaran, peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan hasil belajar siswa  menggunakan  model  Realistic  Mathematic  Education  (RME).Penelitian  ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan, melalui 4 tahap meliputi: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,  observasi  dan  refleksi  dengan  langkah  kegiatan  model  pembelajaran  RME yaitu  memahami  masalah  kontekstual,  menyelesaikan  maslaah  kontekstual, membandingkan dan mendiskusikan jawaban dan menarik kesimpulan. Subjek penelitian ini  terdiri  dari  28  siswa  yang  terdiri  dari  16  siswa  laki-laki  dan  12  siswi  perempuan. Metode  pengumpulan  data  dengan  cara  observasi  aktivitas    guru  dan  aktivitas  siswa ketika  proses  pembelajaran  berlangsung  setiap  pertemuan  dan  tes  hasil  belajar matematika.Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru pada siklus I yaitu 68,75%, pada siklus II mencapai 83,33%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 67,50%, pada siklus II mencapai  77,41%,  dan  ketuntasan  hasil  belajar  siswa  secara  klasikal  sebesar  64,28% pada siklus I menjadi 85,71% pada siklus II.

Kata  Kunci  : Model  Realistic  Mathematic  Education  (RME),  Aktivitas  Guru,  Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Matematika.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.