Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatan Hasil Belajar MatematikaSiswa Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Cermenan Ngoro Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas VIII MTs Miftahul Ulum Cermenan didapatkan nilai ulangan harian siswa sebanyak 16 siswa yang nilainya memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sedangkan 12 siswa lainnya belum memenuhi KKM, sehingga dibutuhkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut alternatif permasalahan digunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) yaitu model pembelajaran yang mengungkapkan pengalaman dan kejadian yang dekat dengan siswa sebagai sarana untuk memahamkan persoalan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan hasil belajar siswa menggunakan model Realistic Mathematic Education (RME).Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan, melalui 4 tahap meliputi: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dengan langkah kegiatan model pembelajaran RME yaitu memahami masalah kontekstual, menyelesaikan maslaah kontekstual, membandingkan dan mendiskusikan jawaban dan menarik kesimpulan. Subjek penelitian ini terdiri dari 28 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Metode pengumpulan data dengan cara observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa ketika proses pembelajaran berlangsung setiap pertemuan dan tes hasil belajar matematika.Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru pada siklus I yaitu 68,75%, pada siklus II mencapai 83,33%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 67,50%, pada siklus II mencapai 77,41%, dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 64,28% pada siklus I menjadi 85,71% pada siklus II.
Kata Kunci : Model Realistic Mathematic Education (RME), Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Matematika.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.