Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas VIII SMPN 1 Diwek
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika pada kelas VIII SMPN 1 Diwek. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode konvensional, guru belum menerapkan pembelajaran dengan diskusi kelompok, guru tidak memberikan banyak latihan soal yang beragam serta ketika mengerjakan soal latihan siswa kurang mendapatkan bimbingan. Peneliti mencoba menerapkan pembelajaran model Missouri Mathematics Project. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran model Missouri Mathematics Project. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahap pada tiap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Diwek yang berjumlah 32. Metode yang digunakan adalah metode observasi dengan instrumen berupa lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas siswa pada setiap aspek. Pada siklus 1 diperoleh persentase aktivitas siswa secara klasikal 47,19% sedangkan pada siklus 2 sebesar 77,53%
Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Missouri Mathematics Project
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.