stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas VIII SMPN 1 Diwek | Sholichah | JOURNAL PROCEEDING

Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas VIII SMPN 1 Diwek

Ilma Nurfiatis Sholichah, Fatchiyah Rahman

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh  kurangnya  aktivitas siswa dalam  pembelajaran matematika pada kelas VIII SMPN 1 Diwek. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode  konvensional,  guru  belum  menerapkan  pembelajaran  dengan  diskusi  kelompok, guru  tidak  memberikan  banyak  latihan  soal  yang  beragam  serta ketika  mengerjakan  soal latihan siswa kurang mendapatkan bimbingan. Peneliti mencoba menerapkan pembelajaran model Missouri  Mathematics  Project. Penelitian  ini  bertujuan  untuk mendeskripsikan peningkatkan  aktivitas  siswa  dalam  pembelajaran  model Missouri  Mathematics  Project. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahap pada tiap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini  adalah  siswa  kelas  VIII  SMPN  1  Diwek  yang  berjumlah  32. Metode  yang  digunakan adalah  metode  observasi  dengan  instrumen  berupa  lembar  observasi  aktivitas  siswa. Hasil penelitian  menunjukkan  adanya  peningkatan  persentase  aktivitas  siswa  pada  setiap  aspek. Pada  siklus  1  diperoleh persentase  aktivitas  siswa  secara  klasikal 47,19% sedangkan pada siklus 2 sebesar 77,53%

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Missouri Mathematics Project


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol