Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar Siswa Domain Afektif, Psikomotor dan KognitifPada Materi Geometri Dimensi Tiga

Lia Budi Tristanti

Abstract


Tujuan  penelitian  ini  adalah  mengetahui pengaruh  model  pembelajaran  kooperatiftipe team assisted  individualizationterhadap  hasil  belajar  siswa  pada  domain  afektif,  psikomotor  dan kognitif. Penelitian  ini  merupakan  penelitian  eksperimen  yaitu true  experimental dengan pendekatan  kuantitatif.  Desain  penelitian  yang  digunakan  adalah pretest-posttest  control group design. Instrumen  penelitian  ada  3  (tiga)  yaitu  lembar  observasi  afektif  siswa,  lembar observasi  psikomotorik  siswa,  dan  lembar  tes.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah statistik  deskriptif.  Peneliti  menggunakan  korelasi  product  moment  untuk  menguji  hipotesis penelitian. Hasil penelitian menyatakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa pada domain afektif, psikomotor dan kognitif. Tingkat pengaruh  penerapan model  pembelajaran  kooperatif  tipe  TAI  terhadap  hasil  belajar matematika  siswa  pada  domain  afektif  adalah  rendah. Tingkat  pengaruh  penerapan model pembelajaran  kooperatif  tipe  TAI  terhadap  hasil  belajar  matematika  siswa  pada  domain psikomotor dan kognitif adalah sedang.

Kata Kunci: TAI, Afektif, Psikomotor, Kognitif, Geometri


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.