Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar Siswa Domain Afektif, Psikomotor dan KognitifPada Materi Geometri Dimensi Tiga
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatiftipe team assisted individualizationterhadap hasil belajar siswa pada domain afektif, psikomotor dan kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu true experimental dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian ada 3 (tiga) yaitu lembar observasi afektif siswa, lembar observasi psikomotorik siswa, dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Peneliti menggunakan korelasi product moment untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menyatakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa pada domain afektif, psikomotor dan kognitif. Tingkat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar matematika siswa pada domain afektif adalah rendah. Tingkat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar matematika siswa pada domain psikomotor dan kognitif adalah sedang.
Kata Kunci: TAI, Afektif, Psikomotor, Kognitif, Geometri
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.