The Effectiveness of Scanning And Skimming Reading Strategies Inteachingreading Narrative Text
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas strategi membaca mengajar menggunakan scanning dan skimming untuk siswa SMA.Peneliti menggunakan kuasi desain eksperimental sebagai desain penelitian. Para siswa kelas XI dipilih sebagai sampel penelitian ini, Kelompok eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan scanning dan skimming strategi sementara kelompok kontrol yang diajarkan tanpa menggunakan scanning dan skimming strategi.Pretest dan posttest yang jenis tes yang digunakan dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan teknik statistik untuk menganalisis data dengan menggunakan SPSS 16.0 program windows.Karena data tidak memenuhi asumsi normalitas, data dianalisis dengan menggunakan non parametrik Mann Whitney U-test. Hasil analisis data dari kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan hasil yang Asymp. Sig. (2- tailed) 0,000 lebih rendah dari nilai alpha 0,05.Ini berarti bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak, yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima.Ada perbedaan yang signifikan dalam naratif antara siswa diajarkan dengan menggunakan scanning dan skimming strategi dan siswa diajarkan tanpa scanning dan skimming strategi. Peringkat rata-rata kelompok eksperimen adalah 44,72 sedangkan peringkat rata rata kelompok kontrol adalah 16,28. Hal ini menunjukkan bahwa peringkat rata-rata kelompok eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan scanning dan skimming strategi lebih tinggi dari kelompok kontrol yang diajarkan tanpa menggunakan scanning dan skimming strategi.Peneliti menyimpulkan scanning dan skimming strategi dalam teks naratif efektif.
Kata Kunci: Efektivitas, strategi Scanning dan Skimming, Naratif Teks.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.