The Effectiveness of Scanning And Skimming Reading Strategies Inteachingreading Narrative Text

Muhammad Danialloh, Daning Hentasmaka

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas strategi membaca mengajar menggunakan  scanning  dan  skimming  untuk  siswa  SMA.Peneliti  menggunakan  kuasi desain eksperimental sebagai desain penelitian. Para siswa kelas XI dipilih sebagai sampel penelitian  ini,  Kelompok  eksperimen  yang  diajarkan  dengan  menggunakan  scanning  dan skimming  strategi  sementara  kelompok  kontrol  yang  diajarkan  tanpa  menggunakan scanning dan skimming strategi.Pretest dan posttest yang jenis tes yang digunakan dalam penelitian  ini.  Peneliti  menggunakan  teknik  statistik  untuk  menganalisis  data  dengan menggunakan  SPSS  16.0  program  windows.Karena  data  tidak  memenuhi  asumsi normalitas,  data  dianalisis  dengan  menggunakan  non  parametrik  Mann  Whitney  U-test. Hasil analisis data dari kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan hasil yang Asymp. Sig.  (2- tailed)  0,000 lebih  rendah  dari  nilai  alpha  0,05.Ini  berarti  bahwa  hipotesis  nol (Ho) ditolak, yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima.Ada perbedaan yang signifikan dalam  naratif  antara  siswa  diajarkan  dengan  menggunakan  scanning  dan  skimming strategi  dan  siswa diajarkan  tanpa  scanning  dan  skimming  strategi.  Peringkat  rata-rata kelompok eksperimen adalah 44,72 sedangkan peringkat rata rata kelompok kontrol adalah 16,28.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  peringkat  rata-rata  kelompok  eksperimen  yang diajarkan dengan menggunakan scanning dan skimming strategi lebih tinggi dari kelompok kontrol  yang  diajarkan  tanpa  menggunakan  scanning  dan  skimming  strategi.Peneliti menyimpulkan scanning dan skimming strategi dalam teks naratif efektif.

Kata Kunci: Efektivitas, strategi Scanning dan Skimming, Naratif Teks.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.