Strategi Pembelajaran Andragogi Sebagai Pembelajaran Mandiri Pada Mahasiswa Prodi Matematika STKIP PGRI Jombang
Abstract
Metode dan cara belajar mahasiswa berbeda dengan cara belajar anak-anak di sekolah. Mahasiswa telah memiliki pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dari jenjang pendidikan sebelumnya, orang tua, masyarakat, teman, dan media massa. Proses belajar mahasiswa tidak lagi menerima informasi dan pengetahuan, tetapi mahasiswa harus mampu menerima, menganalisis, dan merealisasikan suatu pengetahuan dalam bentuk aktivitas konkret dalam kehidupan mahasiswa. Mahasiswa dianggap sebagai pebelajar orang dewasa, sehingga motivasi dalam diri yang kuat dan kesiapan belajar secara mandiri sangat diperlukan dalam proses belajarnya untuk mencapai tujuan (kebutuhan). Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan efektivitas strategi pembelajaran andragogi dan hasil belajar mahasiswa program studi pendidikan Matematika. (1) aktivitas mahasiswa efektif (2) rata- rata hasil belajar 85,44.
Kata kunci: efektif, pembelajaran andragogi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.