Strategi Pembelajaran Andragogi Sebagai Pembelajaran Mandiri Pada Mahasiswa Prodi Matematika STKIP PGRI Jombang

Rifa Nurmilah

Abstract


Metode  dan  cara  belajar mahasiswa berbeda  dengan  cara  belajar  anak-anak  di  sekolah. Mahasiswa telah  memiliki  pengetahuan  dan  pengalaman  yang  diperoleh  dari  jenjang pendidikan  sebelumnya,  orang  tua,  masyarakat,  teman,  dan  media  massa.  Proses  belajar mahasiswa tidak lagi menerima informasi dan pengetahuan, tetapi mahasiswa harus mampu menerima,  menganalisis,  dan  merealisasikan  suatu  pengetahuan dalam  bentuk  aktivitas konkret dalam kehidupan mahasiswa. Mahasiswa dianggap sebagai pebelajar orang dewasa, sehingga  motivasi  dalam  diri  yang  kuat  dan  kesiapan  belajar  secara  mandiri  sangat diperlukan  dalam  proses  belajarnya  untuk  mencapai  tujuan  (kebutuhan). Tujuan  penelitian adalah  untuk  mendeskripsikan  efektivitas  strategi  pembelajaran  andragogi  dan  hasil  belajar mahasiswa program  studi  pendidikan  Matematika.  (1)  aktivitas mahasiswa efektif  (2)  rata- rata hasil belajar 85,44.

Kata kunci: efektif, pembelajaran andragogi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.